School of Information Systems

Permasalahan Keamanan Aplikasi ZOOM

Apakah Anda menggunakan Zoom? Setiap orang yang harus bekerja, atau mengerjakan tugas sekolah, dari rumah selama masa pandemik tampaknya menggunakan platform konferensi video untuk rapat, kelas, dan bahkan pertemuan sosial. Ada alasan bagus mengapa Zoom mengalami kesuksesan dan platform lain belum. Zoom mudah disiapkan, mudah digunakan, dan memungkinkan hingga 100 orang bergabung dalam rapat secara gratis.

Baru-baru ini, Zoom menambahkan otentikasi dua faktor sebagai opsi keamanan akun, memberi pengguna senjata ampuh untuk menjaga akun mereka aman dari pengambilalihan. Tapi ada sisi negatifnya. Kemudahan penggunaan Zoom memudahkan pembuat onar untuk “mengebom” rapat Zoom yang terbuka. Para profesional keamanan informasi mengatakan keamanan Zoom memiliki banyak celah, meskipun beberapa telah diperbaiki selama beberapa bulan terakhir.

Ada juga pengawasan terhadap kebijakan privasi Zoom, yang hingga saat ini tampaknya memberi Zoom hak untuk melakukan apa pun yang diinginkannya dengan data pribadi pengguna, dan kebijakan enkripsi, yang selama ini agak menyesatkan.

Hal ini menciptakan reaksi terhadap Zoom. Pada tanggal 6 April 2020, sekolah umum Kota New York melarang pertemuan dengan menggunakan Zoom, dan sistem sekolah lain melakukan hal yang sama, meskipun New York mencabut larangan Zoom pada awal Mei.

Dengan semua masalah ini, orang-orang mencari opsi lain. Skype merupakan aplikasi yang lebih lama dari zoom, telah beradaptasi untuk konferensi video. Kami juga telah membandingkan Zoom vs Google Hangouts.

Zoom masih aman digunakan dalam banyak kasus

Apakah semua ini berarti Zoom tidak aman untuk digunakan? Tidak. Kecuali jika Anda membahas rahasia negara atau perusahaan, atau mengungkapkan informasi kesehatan pribadi kepada pasien, Zoom seharusnya baik-baik saja.

Untuk kelas sekolah, kumpul-kumpul setelah bekerja, atau bahkan rapat di tempat kerja yang berkaitan dengan bisnis rutin, tidak banyak risiko dalam menggunakan Zoom. Anak-anak mungkin akan terus berduyun-duyun ke sana, karena mereka bahkan dapat menggunakan filter Snapchat di Zoom.

Tips keamanan zoom

  1. Bergabunglah dengan rapat Zoom melalui browser web Anda daripada menggunakan perangkat lunak desktop Zoom. Versi browser web mendapatkan peningkatan keamanan lebih cepat.
  2. Saat Anda mengklik link untuk bergabung ke rapat, browser Anda akan membuka tab baru dan meminta Anda untuk menggunakan atau menginstal perangkat lunak desktop Zoom. Namun dalam cetakan kecil, ada tautan untuk “bergabung dari browser Anda.” Klik itu sebagai gantinya.
  3. Jika Anda mengadakan rapat Zoom, minta peserta rapat tersebut masuk dengan kata sandi. Itu akan membuat pemboman Zoom jauh lebih kecil kemungkinannya.
  4. Siapkan otentikasi dua faktor untuk akun Zoom Anda.

Zoom menciptakan “permukaan serangan” yang sangat besar dan peretas akan datang dengan segala cara yang mereka bisa. Mereka telah mendaftarkan banyak domain palsu terkait Zoom dan sedang mengembangkan malware bertema Zoom.

Sisi baiknya adalah jika banyak kekurangan dalam Zoom ditemukan dan segera diperbaiki, maka Zoom akan menjadi lebih baik – dan lebih aman – untuk itu.

“Zoom akan segera menjadi alat konferensi yang paling aman di luar sana,” tulis jurnalis teknologi Kim Zetter di Twitter 1 April. “Tapi sayangnya mereka tidak menyimpan kesedihan dan terlibat dalam beberapa penilaian keamanan mereka sendiri untuk menghindari persidangan ini. api.”

Nuril Kusumawardani