School of Information Systems

Pengenalan Tentang Android, IOS dan Blackberry

ANDROID

Android Merupakan Operating System untuk mobile berbasis linux yang dikembangkan oleh google saat ini. Android secara resmi dibuat pada tahun 2007, namun butuh waktu sekitar 1 tahun agar dikenal di pasar. Oktober 2008 smartphone android dijual secara umum.

Di dalam android ini terdapat layanan aplikasi google yang bernama google play store, tidak jauh berbeda dengan blackberry, Pada aplikasi google play store terdapat banyak aplikasi, game dan masih banyak lagi.

Android menggunakan nama untuk sistem operasinya yang unik unik, berikut ini adalah jenis jenis sistem operasi android:

1. Android versi 1.1

2. Android versi 1.5 Cup Cake 3. Android versi 1.6 Donut 4. Android versi 2.0/2.1 Eclai 5. Android versi 2.2 Froyo (Frozen Yogurt) 6. Android versi 2.3 Gingerbread 7. Android versi 3.0/3.1 Honeycomb 8. Android versi 4.0 ICS (Ice Cream Sandwich) 9. Android versi 4.1JellyBean 10. Android versi 4.2 Jelly Bean 11. Android Versi 4.4 KitKat

12. Android 5.0 Lollipop

13 Android 6.0 Marshmallow

14 Android 7.0 Nougat

15 Android 8.0 Oreo

16 Android 9 Pie

17 Android 10

18 Android 11

Kelebihan Android

· Android saat ini sangat mudah didapatkan karena banyak vendor mobile dari luar maupun lokal yang sudah menggunakan operating system android pada ponsel mereka sehingga android dapat dijangkau oleh semua kalangan dari kalangan bawah sampai atas.

· Semakin banyak aplikasi yang dikembangan di android dan para developer juga tidak kesulitan dalam mengembangkan android.

· Rata-rata android adalah tipe smartphone dengan layar sentuh, sehingga memudahkan pengguna untuk menggunakanya.

· Hadirnya Aplikasi BBM yang muncul pada smartphone android ini membuat masyarakat kini lebih dominan memilih android ketimbang blackberry.

Kekurangan Android

· Karena banyaknya aplikasi yang ditawarkan, baterai dari smartphone ini pun juga agak boros.

· Rentan terkena malware atau virus jika kita tidak berhati-hati menggunakanya

· Rata – rata aplikasi dan game pada android membutuhkan paket data, jika tidak menggunakan paket data, maka akan terasa seperti handphone biasa,namun untuk android ini jika tidak menggunakan paket data kita masih bisa menggunakanya untuk bermain game bersifat offline dan penggunaan berbagai aplikasi lain seperti kalkulator, senter, kamera dan lain – lain sekalipun tidak ada paket data.

BLACKBERRY

Blackberry adalah telepon seluler dengan operating system yang cukup popular dahulu. Blackberry yang memiliki kemampuan layanan e-mail, telepon, sms, menjelajah internet, dan aplikasi chatting bawaan Blackberry, (Blackberry messenger). Penggunaan gadget canggih ini begitu fenomenal pada masanya (di mana saat ini sudah jarang ditemui orang menggunakan blackberry ini). BlackBerry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1999 oleh perusahaan kanada. Kemampuannya menyampaikan informasi melalui jaringan data nirkabel dari layanan perusahaan telepon genggam hingga mengejutkan dunia.

Kelebihan Smartphone Blackberry

· Blackberry memiliki fitur chatting blackberry messenger (BBM) yang dibuat oleh blackberry . BBM akan menghubungkan antar pin blackberry (yang biasanya 1 handphone blackberry akan punya satu pin bbm) agar bisa saling chatting, mengirim foto, gambar dan file secara cepat dan simple

· Appworld Blackberry, Aplikasi bawaan blackberry ini kita adalah tempat di mana kita bisa mendownload berbagai macam aplikasi, game dan lainnya. Tidak semua gratis dan ada juga yang berbayar.

· Push e-mail, adalah aplikasi dimana email kita selalu aktif atau selalu on di handphone blackberry kita, Jadi jika ada email masuk maka langsung ada pemberitahuan pada Smartphone Blackberry.

Kekurangan Smartphone Blackberry

· Ada beberapa kendala dialami jika melakukan browsing di internet, akan terasa sangat lambat jika dibandingkan dengan perangkat menggunakan sistem operasi lain.

· Aplikasi pada blakcberry rata-rata memiliki User Interface yang tidak mudah untuk di gunakan (tidak user friendly). Aplikasi berbayar yang di sediakan blackberry cukup mahal jika dibandingkan dengan iOS atau Android.

· Smartphone Blackberry akan terasa seperti handphone biasa jika kita tidak menggunakan paket Blackberry tersebut, Karena layanan Blackberry Messenger mengharuskan kita menggunakan Paket dan aplikasi jejaring sosial media lainnya.

IOS

Sistem operasi yang di kembangkan ekslusif oleh perusahaan Apple dan tidak bisa di install di perangkat lain selain merk Apple. iOS (iPhone Operating System) di bilang sangat berbeda dengan android dan blackberry. Hampir semua applikasi terbaik aplikasi yang pernah ada perdana ada di ios apple ini. Mulai dari Instagram, Path dan banyak aplikasi lainnya. Bedanya dari android ios tidak open source jadi aplikasi yang masuk bisa tersaring sehingga pengguna akan lebih aman memilih aplikasi yang mereka butuhkan.

REFERENSI https://blog.blanja.com/mengulas-perbedaan-smartphone-android-dan-blackberry/ https://mahessa83.blogspot.com/2015/01/perbedaan-os-android-blackberry-ios-dan-windows-phone.html https://en.wikipedia.org/wiki/Android_version_history

Ferdianto, S. Kom, M.MSI