School of Information Systems

Virtual Communities

Perkembangan internet yang semakin pesat tidak hanya membentuk suatu komunitas dalam dunia nyata, munculah istilah untuk melakukan pengelompokkan tidak hanya di dunia nyata namun juga di dunia maya / virtual yang dikenal sebagai virtual communities.

Komunitas virtual (Virtual communities) adalah kelompok orang dengan minat dan praktik yang sama yang berkomunikasi secara teratur dan selama beberapa waktu secara terorganisir melalui Internet melalui lokasi atau mekanisme bersama. Hal ini memungkinkan pengguna mempunyai kesempatan untuk mempersonalisasi pengalaman online mereka lebih jauh melalui identifikasi karakter.

Komunitas virtual adalah salah satu fungsi paling awal dari pengguna internet, dan merupakan salah satu kategori situs web yang tumbuh paling cepat, melebihi 25 juta situs. Komunitas virtual memungkinkan diskusi berkembang menjadi perasaan dan koneksi hubungan pribadi.

Mereka cenderung tidak sinkron, tetapi muncul tren sinkron komunitas telah muncul di mana pengguna bertemu secara real time melalui interaksi social berbasikan cyber-face to cyber-face.

Beberapa forum diskusi online yang tidak sinkron hanyalah tempat bagi individu untuk bertemu dan bicara tanpa rasa memiliki atau konsistensi di antara anggota kelompok. Ini belum tentu memenuhi persyaratan komunitas virtual. Anggota harus merasa menjadi bagian dari kelompok sosial yang lebih besar, melakukan pertukaran yang berkelanjutan dengan anggota lain, dan merasakan hubungan yang baik dengan orang lain. Mungkin perlu mengulangi pengalaman dan masa penolakan sebelum anggota menyadari nilai keanggotaan masyarakat.

Ada hanya banyak komunitas daring yang dapat membuat individu menjadi bagian dari komunitas reguler mereka rutin. Lebih dulu komunitas Anda menyamakan nilai pemirsa Anda, dan lebih diinvestasikan mereka akan merasa ke arah organisasi Anda.

Menciptakan komunitas virtual adalah langkah penting untuk strategi pemasaran media sosial apa pun. Ini akan membantu membina hubungan antara pengguna dan organisasi. Hal tersebut akan menjaga penggunan melekat pada koneksi yang telah mereka buat, mendorong inovasi ke depan dan menjaga Anda konsumen kembali. Ingat bahwa komunitas virtual memerlukan lebih dari itu kemampuan teknologi untuk komunikasi. Keaslian, asumsi audiens, dan tulus fasilitasi memainkan peran besar dalam bagaimana perasaan pengguna yang diinvestasikan

REFERENSI

Strategic Social Media: From Marketing to Social Change, First Edition. L. Meghan Mahoney and Tang Tang. John Wiley & Sons, 2017

Ferdianto, S.Kom, M.MSI