Pentingnya Social Media Management untuk Kepentingan Marketing di Perusahaan
Kita memasuki era digital, di mana hampir setiap aktivitas terbantu dengan adanya teknologi. Kemajuan teknologi yang ada saat ini membuat segalanya terlihat lebih praktis dan simpel. Hanya dengan gadget, uang dan koneksi internet, anda bisa berbelanja apapun yang diinginkan. Barang elektronik, makanan, minuman, kendaraan hingga alat kesehatan bisa dengan mudah dibeli. Kemudahan ini nyatanya tidak berpihak pada konsumen saja. Kecanggihan teknologi juga membuat pelaku usaha lebih mudah memasarkan atau menjual produknya. Jika dulu anda perlu tempat untuk membuka usaha, maka sekarang sudah ada marketplace. Tentunya semakin simpel cara memulai bisnis, membuat persaingan juga lebih ketat. Persaingan yang ketat mau tak mau membuat pelaku bisnis harus bisa beradaptasi cepat.
Siapa yang tidak mengenal social media? Bahkan orang tua saja banyak yang memiliki akun media sosial. Faktanya selain digunakan sebagai ajang untuk eksis dan berbagi informasi, media sosial juga memiliki fungsi lain yaitu untuk mengembangkan bisnis. Dalam dunia bisnis, anda akan mendengar istilah tentang Social Media Management. Pada dasarnya Social Media Management adalah penggunaan berbagai alat, software dan layanan yang memudahkan pelaku bisnis dalam membagikan konten pada media sosial. Beberapa hal yang bisa dikategorikan dalam aktivitas Social Media Management seperti menjadwalkan posting di media sosial, berinteraksi dengan target audience hingga mengelola respon yang cepat pada media sosial.
Kenapa perusahaan perlu menerapkan Social Media Management? Jadi pada dasarnya ada beberapa keuntungan yang akan diperoleh oleh perusahaan dengan menerapkan Social Media Management ini yaitu antara lain :
- Menghemat Waktu
Anda bisa menghemat waktu lebih banyak dengan Social Media Management yang benar. Dengan jadwal posting tetap dan teratur, anda bisa lebih siap dalam menyediakan konten.
- Memperluas Pasar
Aktif di media sosial akan membuat bisnis anda lebih terbuka dan bisa menjangkau berbagai kalangan. Anda hanya perlu memilih platform media sosial dan konten yang tepat untuk bisa memenangkan hati konsumen.
- Memahami Audience dengan Lebih Baik
Melalui Social Media Management anda bisa melihat siapa saja pengikut atau orang yang tertarik dengan produk anda. Mulai dari gender, jenis pekerjaan, usia hingga domisili yang biasanya tercantum di akun media sosial mereka bisa menjadi bahan di database awal perusahaan. Dengan effort yang lebih baik, anda bisa melakukan analisis yang lebih dalam dengan database ini.
- Meningkatkan Customer Support
Customer support menjadi salah satu hal penting dalam operasional perusahaan. Social Media Management akan membantu anda untuk berinteraksi dan lebih dekat dengan konsumen.
- Kontrol yang Lebih Baik
Anda bisa mengontrol reputasi brand dengan lebih baik melalui media sosial. Pada dasarnya, anda bisa melakukan kontrol dengan memonitor komentar dan feedback dari orang lain di akun anda.
Tidak semua pelaku bisnis memiliki waktu, biaya dan kesempatan yang sama dalam menjalankan Social Media Management. Jika bisnis anda sudah besar dan anda memiliki budget lebih maka menggunakan layanan Social Media Management dari pihak ketiga bisa menjadi pilihan yang baik. Akun media sosial anda akan dijalankan dengan profesional dan hasil yang optimal.
Namun, jika bisnis anda masih tergolong baru dan anda tidak memiliki budget yang cukup maka anda bisa mengelola media sosial sendiri. Pada dasarnya tidak terlalu sulit untuk mengelola media sosial asal anda sudah memiliki rencana dan strategi yang matang.
Jangan biarkan kebiasaan anda dalam mengelola akun pribadi mempengaruhi akun bisnis atau anda sudah dihadapkan dengan kegagalan di awal percobaan saja. Mengelola akun pribadi dan akun bisnis itu berbeda karena tujuannya juga berbeda. Menjaga profesionalitas akan menjadi salah satu nilai lebih dalam menjalankan Social Media Management sendiri.
Referensi :