School of Information Systems

FAKTOR KESIAPAN KEBERHASILAN TRANSFORMASI DIGITAL

Berikut ringkasan laporan dua peneliti Vijay Gurbaxani dan Debora Dunkle dalam Targeted Network dengan judul “A checklist for digital transformation success”. Mereka menyatakan bahwa mencapai transformasi digital yang sukses ada enam faktor yang sangat menentukan yaitu visi strategis perusahaan, penyelarasan visi dan investasinya dalam transformasi digital, kesesuaian budaya untuk inovasi, kepemilikan aset kekayaan intelektual yang cukup dan pengetahuan, kekuatan bakat digitalnya, dan penggunaan teknologi digitalnya. Ia kemudian menghitung skor kategori untuk masing-masing dari enam faktor atau tersebut dengan menentukan empat tingkat kemajuan masing-masing apakah masih dibelakang (behind), setara (on par), sedikit didepan (slightly ahead), dan jauh didepan (sisgnificanly ahead). Dari enam faktor inilah kemudian dapat terlihat kesiapan kesuksesan transformasi digital dari suatu perusahaan, dengan membandingkan skor perusahaan dengan perusahaan yang satu level. Bagaimana melakukannya? Untuk masing-masing dimensi disusun atributnya, kemudian berikan penilaian dengan skala 0 (terendah) hingga 5 (tertinggi) tergantung pada sejauh mana perusahaan mencerminkan atribut-atribut tersebut. Selanjutnya hitung rata-rata skor mari semua atribut untuk setiap dimensi, kemudian bandingkan perusahaan yang ingin dinilai kesiapannya dengan skor untuk empat perusahaan yang telah di studi oleh mereka.


Visi Strategis
(Visi strategis didefinisikan dengan jelas dipetakan untuk memahami kebutuhan digital? Perusahaan memiliki strategi untuk transformasi digital? Tim eksekutif senior memiliki pemahaman yang jelas tentang kemampuan teknologi digital dan bagaimana teknologi digital itu akan mendukung tujuan bisnis? Tidak ada masalah kurangnya kepemimpinan digital untuk mendefinisikan strategi? Tidak ada kesulitan mengembangkan strategi digital perusahaan?). Batas skor banding untuk Visi Strategis: Behind: 3.00, On par: 3.20, Slightly ahead: 3.80, dan Significantly ahead: 4.67.

Budaya Inovasi (Ada budaya inovasi dan pengambilan risiko? Cara berpikir dan solusi baru dari beragam perspektif sangat dianjurkan? Kegagalan saat mengambil risiko adalah suatu pelajaran, tidak berpengaruh pada karier seseorang? Inovator diberi penghargaan? Tidak ada masalah dengan penolakan budaya?), Batas skor banding untuk Budaya Inovasi: Behind: 3.60, On par: 3.80, Slightly ahead: 3.80 dan Significantly ahead: 4.40.

Pengetahuan dan kekayaan intelektual (Semakin banyak menggunakan perangkat lunak untuk meningkatkan kinerja operasi? Semakin banyak menggunakan perangkat lunak untuk meningkatkan pemahaman pelanggan? Semakin banyak menggunakan perangkat lunak untuk meningkatkan pengetahuan produk? Aset kekayaan intelektual yang memadai untuk mengimplementasikan visi strategis? Semakin banyak menggunakan perangkat lunak untuk meningkatkan interaksi pemasok?). Batas skor banding untuk Pengetahuan dan Kakayaan Intelektual: Behind: 3.40, On par: 3.40, Slightly ahead: 3.80, danSignificantly ahead: 4.10.

Kemampuan digital (Ketersediaan keahlian digital? Secara keseluruhan, ada keterampilan visioner / inovatif yang diperlukan dalam perusahaan untuk menentukan strategi digital yang tepat? Nilai yang ditugaskan kepada individu berdasarkan tingkat pengetahuan transformasi digital mereka? Bakat teknis untuk inovasi sudah tersedia di perusahaan? Tidak ada masalah kurangnya keterampilan digital untuk menjalankan strategi?). Batas skor banding untuk Kemampuan Digital: Behind: 2.90, On par: 3.20
Slightly ahead: 3.80, dan Significantly ahead: 4.30.

Penyelarasan strategi (Perusahaan bersedia untuk mendanai inisiatif digital strategis dengan pengembalian yang tidak pasti? Kesediaan dalam jangka pendek untuk mengkanibal aliran pendapatan yang ada dan model bisnis untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang? Kolaborasi dan penyelarasan antara tim management, digital dan unit bisnis? Tidak ada masalah dengan kurangnya anggaran / sumber daya yang ditugaskan untuk transformasi digital? Peningkatan investasi dalam bentuk perangkat lunak baru selama tiga tahun terakhir?). Batas skor banding untuk Penyelarasan Strategi: Behind: 2.90, On par: 2.80, Slightly ahead: 3.40 dan Significantly ahead: 4.00.

Aset teknologi (Teknologi Big Data yang digunakan? Teknologi penambangan data dan analisis data yang digunakan? Teknologi seluler digunakan? Teknologi komputasi awan digunakan? Penggunaan Internet dan komunikasi nirkabel? Aset teknologi memadai untuk mengimplementasikan visi strategis?). Batas skor banding untuk Aset Teknologi: Behind: 3.10, On par: 3.50, Slightly ahead: 3.80, dan Significantly ahead: 4.30.

Enam dimensi dan atribut-atribut dari masing-masing dimensi dapat berfungsi sebagai dorongan dan diskusi yang komprehensif di antara para eksekutif perusahaan tentang apa yang saat ini berjalan dengan apa yang harus ditingkatkan untuk membuat perusahaan menjadi lebih baik dalam melakukan transformasi digital.

Suroto Adi