School of Information Systems

10 social media structures – Part 2

       Perkembangan social media membuat kita untuk lebih mengenal social media agar kita dapat melakukan interaksi social di internet atau bahkan kita dapat menggunakan social media untuk melakukan promosi produk / jasa

       Artikel ini memperkenalkan 10 struktur media social yang dapat memandu strategi media sosial Anda untuk melibatkan pengguna media sosial, termasuk pencarian, profil, pesan / obrolan, komentar, koneksi ke grup / orang, seperti / peringkat, bagikan, tautan, iklan, dan katalog konten (No 1 – 3 sudah dibahas pada artikel sebelumnya) :

4. Komentar
Komentar menjadi salah satu hal penting dalam social media di mana setiap pengguna menggunggah suatu hal, maka untuk menciptakan interaksi sosial, pengguna lain dapat memberikan pendapat pada unggahan pengguna.

Dalam beberapa hal komentar penting untuk menciptakan interaksi sosial yang menarik, namun saat ini tak jarang comment juga digunakan berbagai pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan promosi produk / jasa yang kadang mengganggu pengguna.

5. Connection to groups/people
Koneksi ke grup / orang adalah fitur unik dan mungkin salah satu yang paling penting struktur yang mengarah pada keberhasilan strategi media sosial Anda. Untuk banyak situs media sosial, salah satu langkah pertama adalah meminta pengguna untuk mengidentifikasi teman, grup, dan minat mereka, dan terhubung mereka ke jejaring sosial pribadi mereka. Dengan meminta audiens untuk terhubung ke grup, teman, dan mereka yang memiliki minat atau masalah yang sama, media sosial mengoptimalkan keterlibatan penggun dan membantu membangun komunitas. mari kita asumsikan Anda menggunakan Caringbridge, sosial situs media untuk pasien, keluarga dan teman untuk bertukar informasi medis. Karena struktur koneksi, Anda dapat membaca banyak kisah yang menyentuh, komentar yang mendukung dan diskusi tentang berbagai perawatan. Anggota dalam grup Anda tidak hanya berbagi informasi tetapi juga secara terbuka mengekspresikan emosi, ketakutan dan frustrasi mereka.

Berhubungan dengan kelompok seperti itu dan mengetahui anggota grup membuat Jembatan menjadi bagian penting dari pengalaman jaringan sosial anda. Singkatnya, struktur media sosial – pencarian, seperti / bagikan, profil, pesan / obrolan, koneksi, iklan, tautan, dan katalog konten – ubah cara perhatian didistribusikan dan karenanya memiliki dampak luar biasa pada memandu penggunaan media sosial.

6. Like/ratings
Dalam konteks media sosial, suka / peringkat dan bagikan adalah yang popular dalam sistem rekomendasi. Penelitian menemukan bahwa 64% situs media sosial termasuk suka / fitur peringkat dan 63% dari mereka memungkinkan pengguna untuk berbagi konten favorit mereka. Menggunakan struktur ini dapat membantu konsumen Anda untuk mengurangi biaya pencarian dan menemukan pilihan mereka informasi produk dengan cara yang efisien ketika Anda memberikan banyak informasi di halaman media sosial Anda. Audiens media sosial Anda cenderung mencari secara pribadi mempengaruhi dan mempercayai rekomendasi masing-masing saat memilih pesan media. Itu sebabnya pendekatan partisipatif sangat penting untuk strategi media sosial Anda.

REFERENSI

Strategic Social Media: From Marketing to Social Change, First Edition. L. Meghan Mahoney and Tang Tang. John Wiley & Sons, 2017

Ferdianto, S. Kom, M.MSI