School of Information Systems

Scope Management Plan

Project scope management adalah serangkaian proses yang diperlukan untuk memastikan bahwa proyek telah mencakup semua ruang lingkup kegiatan yang perlu dikerjakan. Tujuan dari scope management plan ini adalah untuk mengendalikan dan mendefinisikan hal-hal yang berkaitan dengan proyek atau tidak. Dalam pelaksanaan suatu proyek, pembuatan scope management merupakan tanggung jawab dari project manager Terdapat 6 tahap dalam scope management plan:


Gambar 1. Scope Management Plan

  1. Plan Scope Management
    Kegiatan untuk mendokumentasikan, mendefinisikan, pengontrolan terkait bagaimana proyek dan cakupan produk akan didefinisikan, diverifikasi atau diubah jika diperlukan. Tahap ini bertujuan untuk memberikan arahan tentang ruang lingkup pengelolaan dalam proyek
  1. Collect Requirements
    Mendefinisikan dan mendokumentasikan kebutuhan dari stakeholders. Pada tahap ini diperlukan input dokumen yang meliputi: Scope management plan, requirement management plan, stakeholder management plan, Project Charter, dan Stakeholder Register yang akan di Analisa.
  1. Define Scope
    Berdasarkan requirements yang telah diperoleh pada tahap sebelumnya, tahap ini akan memperjelas tentang produk, layanan, atau sistem informasi yang akan dirancang, dibangun, dan diterapkan. Tahap ini akan menentukan pekerjaan apa yang akan atau tidak dikerjakan pada proyek.
  1. Create Work Breakdown Structure
    Tahap ini dilakukan pembagian pekerjaan proyek menjadi komponen yang lebih kecil sesuai dengan kemampuan masing-masing agar pekerjaan dapat lebih mudah dilakukan.
  1. Validate Scope
    Proses validasi ini dilakukan berdasarkan Control Quality untuk mengkonfirmasi bahwa cakupan proyek akurat, lengkap, dan mendukung MOV proyek. Tahap ini diitnjau oleh tim proyek dan harus disetujui oleh sponsor.
  1. Control Scope
    Proses untuk memantau status dari suatu proyek untuk memastikan bahwa kontrol tersedia untuk mengelola perubahan cakupan yang diusulkan setelah cakupan proyek ditetapkan.

References:

  • Marchewka, J. T. (2015). Information Technology Project Management, 5th Edition. Chapter 05. Wiley.
  • https://blogs.itb.ac.id/gilangrama/2013/09/11/manajemen-proyek-5-project-scope-management/
Tri Nur Auliyaa