School of Information Systems

Facebook Family of Apps

Saat ini, media untuk melakukan marketing tidak hanya terbatas melalui TV, surat kabar, majalah, radio, papan iklan, dan media-media konvensional lainnya. Kita mengenal istilah “digital marketing”. Digital marketing dapat diartikan sebagai segala bentuk upaya pemasaran yang memanfaatkan perangkat elektronik dan internet untuk menggapai target calon pelanggan. Media sosial adalah salah satu media yang paling sering dimanfaatkan oleh para pemasar/marketer sebagai kanal promosi produk/jasa yang mereka tawarkan.

Perusahaan raksasa media sosial terbesar di dunia adalah Facebook. Perusahaan Facebook tidak hanya memiliki platform Facebook itu sendiri, melainkan beberapa platform lain juga yaitu Instagram, WhatsApp, Messenger, dan Audience Network. Banyaknya orang yang menggunakan platform milik Facebook menjadikan Facebook sebagai salah satu kanal untuk melakukan digital marketing. Namun sebelum membahas digital marketing pada Facebook, kita kenali dulu masing-masing platformnya.

  1. Facebook

Platform Facebook merupakan platform dengan jumlah pengguna terbanyak dibandingkan keempat platform lainnya. Facebook tidak hanya digunakan oleh individu untuk membuat profil personal, namun juga bisa untuk membuat akun bisnis.

Akun bisnis ini disebut menggunakan istilah “Pages”. Pages menjadi wadah untuk bisnis agar dapat mengembangkan diri di platform Facebook, termasuk dapat berinteraksi dengan banyak orang dan menambah pelanggan-pelanggan potensial.

Keuntungan memiliki pages adalah nantinya si pemilik akun akan mendapatkan beberapa informasi tambahan yang berguna untuk pengembangan bisnis yang tidak didapatkan oleh akun personal. Contohnya adalah dengan akun bisnis, si pemilik akun akan dapat mengetahui berapa jumlah orang yang melihat halaman akun bisnisnya.

  1. Instagram

Instagram adalah salah satu platform Facebook yang menyediakan wadah bagi penggunanya yang fokusnya adalah untuk mengunggah konten foto dan video. Instagram juga dapat digunakan untuk mempromosikan bisnis, baik secara gratis maupun berbaya. Sama seperti Facebook, Instagram juga menyediakan dua macam akun yaitu akun personal dan akun bisnis.

Dalam Instagram, terdapat 3 cara untuk membagikan konten bisnis yang dimiliki yaitu dengan melalui feed, stories, dan direct messages. Sebagai akun bisnis, terdapat beberapa kelebihan fitur dibandingkan dengan akun personal yaitu seperti dapat menandai barang jualan pada gambar yang diunggah, mengarahkan pengguna untuk mengakses website yang kita miliki dengan melakukan swipe up pada story, dan juga untuk mempromosikan video dan foto yang diunggah.

  1. WhatsApp

WhatsApp merupakan platform pesan singkat yang dimiliki oleh perusahaan Facebook. Terdapat dua macam tipe WhatsApp yaitu WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger. WhatsApp Business memiliki beberapa fitur tambahan seperti logo verified, memilih jenis sector bisnis, melihat statistic pesan terkirim dan diterima, serta membalas pesan secara otomatis.

  1. Messenger

Messenger adalah platform untuk bertukar pesan. Messenger juga melengkapi Facebook untuk fitur bertukar pesan. Messenger membuat siapapun dapat berinteraksi secara real-time. Messenger untuk akun bisnis juga dilengkapi dengan fitur-fitur seperti pesan bersponsor dan pembalasan pesan otomatis.

  1. Audience Network

Audience Network merupakan platform yang berisi aplikasi-aplikasi dan situs-situs yang bekerja sama dengan Facebook. Aplikasi dan situs ini merupakan aplikasi dan situs yang bersedia untuk platformnya di-“tumpangi” iklan oleh Facebook, dengan imbalan uang. Audience Network muncul karena komitmen Facebook untuk memberikan keleluasaan kepada para pengiklan untuk meletakkan iklan di dalam platform Facebook atau di luar platform Facebook.

Wiza Teguh