People Innovation Excellence
 

Perbedaan Business Intelligence dan Business Analytics?

            Saat ini untuk meningkatkan daya saing bisnis, analisa data sudah menjadi kebutuhan utama bagi sebuah perusahaan. Analisa data ini dapat digunakan untuk menjalankan business operation saat ini dan untuk meningkatkan produktivitas pada masa depan. Alat bantu untuk menganalisa data yaitu Business Intelligence dan Business Analytics.  Baik Business Intelligence maupun Business Analytics memiliki definisi dan kegunaan yang berbeda.
Secara definisi, Business Intelligence adalah sebuah proses analisa data yang menggabungkan teknologi dan strategi perusahaan untuk menganalisa data bisnis yang ada baik data dari masa lalu, saat ini, dan juga prediksi dari operasi bisnis dan hasil analisa ini digunakan untuk menjalankan operasi bisnis saat ini secara efisien. Kemudian, Business Analytics adalah proses analisa data yang menggunakan teknologi dan strategi perusahaan untuk mengeksplorasi dan mengekstrak insight dan kinerja perusahaan dari informasi bisnis masa lalu untuk mendorong business planning yang sukses dimasa depan.

Berikut adalah table perbandingan anatara Business Intelligence dan Business Analytics:

Perbandingan Business Intelligence Business Analytics
Definition Menganalisa data masa lalu dan saat ini untuk mendorong kebutuhan bisnis saat ini Menganalisa data masa lalu untuk mendorong perencanaan bisnis dimasa depan
Usage Untuk menjalankan operasi bisnis saat ini Untuk mengubah operasi bisnis dan meningkatkan produktivitas
Ease of operation Untuk operasi bisnis saat ini Unutk operasi bisnis dimasa depan
Tools –       SAP Business Objects,

–       QlinkSense

–       TIBCO, dll

–       Word processing,

–       TIBCO, dll

Applications Diaplikasikan untuk perusahaan skala besar yang menjalankan operasi bisnis saat ini Diaplikasikan untuk pretumbuhan dan produktivitas perusahaan dimasa depan
Field Hampir berada dibawah Business Analytics Berisi data warehouse, information management, dll

Table 1 Perbandingan Business Intelligence dan Business Analtics

Selain itu, Business Intelligence fokus pada analisis deskriptif dimana analisis ini memberikan summary dari data masa lalu dan saat ini untuk menampilkan kejadian yang telah atau saat ini terjadi. Dengan deskriptif analisis ini, kita dapat meniru hal yang sudah berhasil dan mengubah hal yang belum berhasil dengan menjawab dari pertanyaan “What” dan “How”. Business Intelligence juga dapat menggunakan analisis statistik, analisis prediktif, dan pemodealan prediktif untuk menetapkan trend saat ini dan mencari tau mengenai alasan hasil dan kejadian saai ini. Sedangkan Business Analytics fokus pada analisis prediktif dimana analisis ini menggunakan data mining, modeling and machine learning untuk menentukan kemungkinan hasil dimasa depan. Dengan Business Analytics ini, dari hasil analisis kita dapat mengantisipasi perkembangan dan melakukan perubahan yang diperlukan untuk berhasil. Untuk memprediksikan menganai hal yang akan terjadi, Business Analytics menggunakan pertanyaan “Whsy” untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Sources:

https://www.educba.com/business-intelligence-vs-business-analytics/

https://www.tableau.com/learn/articles/business-intelligence/bi-business-analytics


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close