People Innovation Excellence
 

Karakateristik Big Data

Istilah Big data pertama kali muncul pada tahun 2000 oleh seorang analis industri dari Barat bernama Doug Laney. Di dalam suatu Big data, bercampur data antara data yang terstruktur maupun data yang tidak terstruktur. Big data adalah data dalam jumlah sangat besar yang dikumpulkan, disimpan, diolah, dan dianalisis agar menghasilkan informasi yang bermanfaat untuk digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan atau kebijakan.

Big data memberikan manfaat setelah dilakukannya analisis terhadap data tersebut. Contoh pemanfaatan big data berbagai macam, pemnfaat big data dapat diimplementasikan dalam system informasi pertanian, perpajakan, kesehatan dan lain-lain.

Big data memiliki karakter dasar 3V yaitu VolumeVelocity, dan Variety. Namun, pada perkembangannya ditambahkan lagi Value dan Veracity, sehingga saat ini dikenal memiliki karakter dasar 5V.

Karakteristik Big data:

  1. Volume
    Mengacu pada sejumlah big data yang dihasilkan setiap detik nya. Artinya sekumpulan data dalam jumlah dan volumeyang sangat besar dan kadang tidak terstruktur. Contohnya feed Twitter, feed Istagram, data teks chat dan status Whatsapp, alur klik user dari halaman web. Arus data-data tersebut bisa berukuran hingga ribuan Terrabyte (TB) per detiknya
  2. Velocity
    Data dapat diakses dengan kecepatan yang sangat cepat sehingga dapat langsung digunakan pada detik itu juga (lebih real time). Salah satu buktinya antara lain, adanya sistem operasi onlineberbasis Microsoft Silverlight, aplikasi perkantoran (office) berbasis web seperti Office365, cloud storage seperti Dropbox dan GDrive,
  3. Variety
    Data bisa disebut sebagai big datajika memiliki karakteristik yang bermacam-macam dan tidak homogen, tetapi memiliki banyak sekali variabel dan sangat beragam meliputi berbagai jenis data baik data yang telah terstruktur dalam suatu database maupun data yang tidak terorganisir dalam suatu database. Analisis terhadap data yang tidak terstruktur akan memerlukan algoritma yang agak berbeda, seperti data teks, gambar, suara, dan video. Untuk data-data semacam itu akan memerlukan waktu lebih untuk memprosesnya, karena bisa jadi di dalam data yang tidak terstruktur tersebut masih ada data lain atau data baru yang bisa digali.
  4. Veracity
    Big datamemiliki kerentanan dari sisi keakuratan dan kevaliditasan sehingga memerlukan kedalaman untuk menganalisis big data agar bisa menghasilkan keputusan yang tepat. Karakter veracity mengarah kepada seberapa akurat dan dapat dipercaya suatu data.
  5. Value
    Valueberarti big data memiliki nilai yang sangat tinggi apabila diolah dengan cara yang tepat guna atau dapat juga dikatakan seberapa bernilainya atau bermaknanya suatu data. Contohnya, biodata karyawan suatu perusahaan penjualan bahan baku makanan tidak akan bernilai untuk kepentingan analisis prediksi penjualan bahan baku ke customer. Data tersebut mungkin tidak penting dan tidak bernilai untuk satu hal, namun bisa sangat penting dan sangat bernilai untuk hal lain. Data yang tidak memiliki nilai di bagian mana pun tidak akan terfilter di sistem aplikasi analisis Big data.

References:
https://sharingvision.com/karakteristik-big-data/
https://www.nesabamedia.com/pengertian-big-data/
Thomas Connolly and Carolyn Begg. 2015. Database Systems: A Practical Approach To Design, Implementation, and Management. Pearson Education. USA. ISBN:978-1-292-06118-4


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close