School of Information Systems

Teamwork

Manusia adalah makhluk sosial, yang artinya kita membutuhkan pertolongan orang lain. Bayangkan saja, bayi yang baru saja lahir, tidak menjadi besar begitu saja, namun adanya peran orang tua yang membantu atau membesarkan bayi tersebut. Inilah yang menjadi bukti jika manusia itu tidak dapat hidup sendiri, namun membutuhkan pertolongan atau bantuan dari orang lain, begitu juga dengan yang kita kerjakan saat ini. Terdapat peribahasa yang mengatakan “Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”, memiliki arti jika sesuatu dikerjakan dengan bersama-sama atau bergotong royong, akan tercapai atau berhasil.

Untuk mewujudkan itu, hal pertama yang harus kita pahami ialah teamwork. Teamwork dapat diartikan sebagai kerja sama di dalam tim, dimana kita mengerjakan sesuatu dalam berkelompok dan didalamnya terdapat keterampilan dari masing-masing orang yang saling melengkapi. Adanya teamwork adalah untuk mencapai suatu tujuan atau goal dari sebuah pekerjaan yang dilakukan. Di dalam perkuliahan tidak semua tugas dikerjakan secara individu, namun terdapat tugas yang dapat dikerjakan secara berkelompok. Tugas yang diberikan secara berkelompok, artinya tugas tersebut harus dikerjakan bersama dengan team dan akan sulit dikerjakan jika hanya dilakukan secara individu (single fighter). Setiap orang memiliki pendapat dan value masing-masing, sehingga membangun team yang solid tidaklah mudah, dan mungkin dalam kerja sama team dapat menimbulkan perselisihan. Perselisihan dalam sebuah team merupakan sesuatu yang wajar terjadi. Sesuatu yang tidak mudah bukan berarti tidak dapat dijalani, berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk membangun sebuah teamwork yang baik :

  • Tujuan dibentuknya team
    Mengapa team tersebut dibentuk? ketika kita masuk dalam sebuah team, kita harus paham bahwa mengapa kita ada di dalam team tersebut dan tujuan dibentuknya team tersebut. Dalam dunia perkuliahan, apa yang menjadi tujuan dari dibentuknya team? Apakah hanya sekedar mendapatkan nilai tinggi? Mendapat nilai tinggi adalah bonus yang artinya usaha tidak akan mengkhianati hasil, tujuan besarnya adalah kita dapat saling sharing ilmu, dapat belajar memahami orang lain dan membuat kita belajar ketika kita terjun dalam dunia pekerjaan dan harus bekerja di dalam team.

  • Lingkungan team yang sehat
    Teamwork yang baik dapat menciptakan lingkungan yang sehat, artinya setiap team memiliki kesempatan untuk mengemukakan pendapat dan pendapat dapat dihargai oleh setiap anggota team, didiskusikan bersama-sama dan keputusan tidak diambil secara sepihak. Lingkungan team yang tidak sehat tidak akan menimbulkan rasa percaya dalam team.

  • Saling percaya
    Setiap anggota team diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat dan menjelaskan pendapat yang dikemukakan. Saling percaya juga dapat dibangun dengan mempercayakan anggota team untuk mengerjakan sesuatu, tidak merendahkan ketika tugas yang dibuat tidak sesuai, namun dapat mengkomunikasikan dengan baik untuk diperbaiki.

  • Sense of belonging
    Team dibentuk karena untuk mencapai suatu tujuan. Punyai rasa memiliki, yang artinya kita sadar bahwa team ini akan dibawa untuk mencapai sebuah tujuan. Punya rasa memiliki akan membuat kita menjadi orang yang aktif, dan akan semaksimal mungkin mengerjakan apa yang harus kita kerjakan.

Riski Tri Sandi