School of Information Systems

Distribution Management Systems

DMS atau Distribution Management Systems adalah sebuah alat berbentuk piranti perangkat lunak yang dapat mengelola secara keseluruhan dari pemrosesan seputar order penjualan, pembelian, manajemen persedian dan juga akuntansi keuangan. Jika dahulu dokumen-dokumen yang di proses di kerjakan secara manual, lain halnya dengan menggunakan aplikasi DMS. DMS akan menyimpan dan langsung menghubungkan divisi satu sama lain, sehingga proses management distribusi akan menjadi lebih efektif dan effisien. Salah satu hal terpenting mengenai manfaat dari aplikasi DMS adalah meminimalisir terjadinya kesalahan, dan salah menyalahkan antar divisi. DMS akan tahu siapa yang melakukan kesalahan di setiap divisi karena DMS akan menyimpan data orang yang mengentry data, dan dapat mengatahui setiap serah terima yang sudah dilakukan antar divisi.

Berikut ada beberapa tools DMS yang dapat di implementasikan kepada pemilik bisnis :

  1. JALA.ai
    JALA.ai merupakan aplikasi yang berbasis pada Sales Software yang dapat membantu memudahkan kegiatan 
    penjualan Sales Officer. Di perkenalkan pada tahun 2019. Dengan mengedepankan integrasi database prospek dari online dan offline adalah salah satu competitive advantages dari jala.ai ini. Kekuatan lain yang dimiliki oleh jala adalah mampu menunjukan channel atau saluran marketing mana yang paling efektif menghasilkan penjualan.

  2. SimpliDOTS DMS

    adalah layanan DMS berbasis cloud yang dirancang khusus untuk memudahkan distributor dalam mengelola dan meningkatkan efektifitas distribusi. Anda bisa menggunakan SimpliDOTS untuk melakukan pembelian, penjualan, hutang piutang dan memonitor posisi karyawan yang sedang bertugas di lapangan. SimpliDOTS DMS menjadi sistem inti yang dapat terhubung dengan berbagai aplikasi seperti Sales Force Automation, Retail Direct Order dan Monitoring.
  3. EffiaSoft

    Didirikan pada November 2012, memberikan solusi modern untuk berbagai industri seperti Ritel, Makanan & Minuman, Distribusi, Maskapai, Bank, dan Pemerintah. Pengumpulan pajak. Inovasi internal dari platform ritel multi-level yang mendukung blockchain yang disebut Just Billing memungkinkan perusahaan untuk mengoptimalkan dan mendefinisikan ulang proses bisnis mereka. Kami didukung oleh tim yang kuat dan berkomitmen memberikan pekerjaan yang berkualitas. Kami menghargai kontribusi karyawan kami dan berusaha untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan mereka yang pada akhirnya memungkinkan terciptanya lingkungan kerja yang unggul.

  4. Planado

    Planado didirikan pada tahun 2014 dan berkantor pusat di Moskow (Rusia) dan Sofia (Bulgaria – UE). Tujuan perusahaan kami adalah membuat karyawan Anda bekerja lebih efisien dan membuat bisnis Anda lebih menguntungkan.

  5. SAP SD

    Dikenal sebagai salah satu Modul fungsional terbesar dan tertua dari SAP. SAP SD digunakan untuk melakukan transaksi bisnis sehari-hari & dapat menangani semua proses dari Order untuk pengiriman. Operasi utama dari modul ini adalah RFP (request for proposal), memproses sales order, Pricing (penentuan harga), Memilih (dan proses gudang lainnya), Packing, Penagihan, manajemen Risiko dan Pengiriman.

Adam Fahsyah Nurzaman