School of Information Systems

Creative Thinking 101 – SCAMPER Method

Kreatifitas merupakan salah satu hal yang essensial terurama untuk entrepreneurs. Dalam mengembangkan suatu ide, terkadang kita mengalami kehabisan ide atau bertemu jalan buntu.

Di sinilah teknik brainstorming kreatif seperti SCAMPER dapat membantu. Alat ini membantu Anda menghasilkan ide untuk produk dan layanan baru dengan mendorong Anda untuk memikirkan bagaimana Anda dapat meningkatkan yang sudah ada.

Alat ini dapat membantu mengembangkan produk dan layanan baru. Sering kali sulit untuk memunculkan ide-ide baru ketika mencoba mengembangkan atau meningkatkan suatu produk atau layanan.

Picture source: https://disruptivnation.com/2020/01/12/scamper/

SCAMPER adalah singkatan dari:

  • S (Pengganti)
  • C (Gabungkan)
  • A (Beradaptasi)
  • M (Ubah)
  • Put to another use. (Gunakan untuk penggunaan lain)
  • E (Hilangkan)
  • R (Balik)

Tujuan SCAMPER:

Alat ini digunakan dengan mengajukan pertanyaan mengenai produk yang ada, menggunakan masing-masing dari tujuh petunjuk di atas. Pertanyaan-pertanyaan ini membantu memunculkan ide-ide kreatif untuk mengembangkan produk baru, dan untuk meningkatkan yang sekarang.

Yang perlu di ingat:

Kata “produk” tidak hanya merujuk pada barang fisik. Produk juga dapat mencakup proses, layanan, dan bahkan orang. Karena itu Anda dapat menyesuaikan teknik ini dengan berbagai situasi.

Cara menggunakan Teknik SCAMPER:

SCAMPER sebenarnya sangat simple dan mudah digunakan.

  1. Pertama, tentukan produk atau layanan yang sudah ada. Ini bisa jadi salah satu hal yang ingin Anda tingkatkan, yang sedang bermasalah, atau yang menurut Anda bisa menjadi sesuatu yang baik untuk dikembangkan di masa depan.
  2. Kemudian, ajukan pertanyaan dibawah ini tentang produk yang telah ditentukan, menggunakan tektik SCAMPER untuk memandu Anda. Lakukan curah pendapat sebanyak mungkin pertanyaan dan jawaban. (Anda dapat mengecek artikel “contoh dan penerapan SCAMPER”)
  3. Terakhir, lihat jawaban yang ditemukan. Apakah ada yang menonjol sebagai solusi yang layak? Bisakah Anda menggunakan salah satu dari mereka untuk membuat produk baru, atau mengembangkan yang sudah ada? Jika salah satu ide Anda tampak masuk akal, maka Anda dapat memperdalam lebih jauh.

Tip:

Beberapa ide yang Anda hasilkan menggunakan alat ini mungkin tidak praktis atau mungkin tidak sesuai dengan keadaan Anda. Jangan khawatir tentang ini – tujuannya adalah untuk menghasilkan ide sebanyak mungkin.

Source:

Josephine Samuel