People Innovation Excellence
 

Jenis-Jenis Komunikasi

Komunikasi adalah proses ketika seseorang atau sekelompok orang menciptakan serta menggunakan sejumlah informasi agar saling terhubung dengan lingkungan sekitar. Secara umum komunikasi dapat dilakukan secara verbal serta dapat dipahami oleh kedua belah pihak berkaitan. Menurut Anwar Arifin komunikasi adalah jenis proses sosial yang erat kaitannya dengan aktivitas manusia serta sarat akan pesan maupun perilaku. Skinner turut beropini tentang komunikasi sebagai suatu perilaku lisan maupun simbolik dimana pelaku berusaha memperoleh efek yang diinginkan.

Tahukah kalian bahwa secara garis besar komunikasi itu ada 2 jenis, jenis-jenis komunikasi dapat kalian ketahui sebagai berikut:

  1. Verbal
  2. Non Verbal

Komunikasi verbal adalah  sebuah jenis komunikasiyang disampaikan dengan menggunakan kata-kata melalui tulisan maupun lisan. Berikut contoh dari komunikasi Verbal:

  • Berinteraksi dengan lawan bicara atau oaring lain.
  • Membaca sesuatu seperti majalah, buku, dan surat kabar.
  • Menulis surat yang ditujuan pda instansi tertentu, seperti surat lamaran kerja.
  • Membawakan pidato atau materi didepan umum.

Kedua adalah komunikasi non verbal yang diartikan proses komunikasi yang pesannya tidak menggunakan kata-kata, melainkan menggunakan Bahasa tubuh,isyarat, hingga ekpresi wajah seseorang. Termasuk juga intonasi, kualitas suara dan gaya bicara serta emosi seseorang.

Selain pembagian secara verbal dan non verbal komunikasi juga dibagi berdasarkan cara penyampaiannya. Yang pertama adalah komunikasi lisan yang diartikan sebagai komunikasi yang terjadi secara langsung, yang artinya komunikasi ini biasanya dilakukan secara langsung dan bertatap muka. Kedua adalah komunikasi tertulis yang diartikan sebagai bentuk komunikasi yang berupa tulisan, contoh: surat, naskah, blanko,gamabar dan foto, sapnduk.

Komunikasi juga ada yang dibagi menurut kelangsungannya, yaitu komunikasi langsung dan komunikasi yang dilakukan secara tidak langsung. Sesuai dengan pembagian ini maka komunikasi secara langsung adalah komunikasi yang terjadi tanpa bantuan, perantara dan tidak dibatasi oleh jarak pula, dan sebaliknya komunikasi yang dilakukan seacara tidak langsung adalah komunikasi yang dilakukan dengan mengandalkan alat bantuan atau sebuah perantara sebagai penyalur pesan.

Pembagian jenis komnikasi yang ke-4 berdasarkan prilakukanya, komunikais ini dipelajari melalui proses kehidupannya, melalui belajar,secara sosial dan dipengaruhi oleh posisi diamana orang itu berada. Komunikasi berdasarkan perilaku ada 3 yaitu: komunikasi formal, komunikasi informal, komunikasi non-formal. Berlanjut dari perilaku komunikasi juga dibagi lagi berdarkan tujuan dan maksud, pembagian ini ditinjau dari maksud isi dari pesan, bisa berupa Pidato, ceramah, dan ceramah.

Dan yang terakhir adalah komunikasi berdasarkan ruang lingkupnya, ruang lingkup terjadinya komunikasi merupakan batasan jenis komunikasi yang sedang dilakukan, contohnya komunikasi internal dan komunikasi eksternal. Komunikasi internal adalah komunikasi yang terjadi didalam ruang lingkup atau lingkungan organisasi atau perusahaan yang terjadi diantara anggota organisasi atau perusahaan tersebut saja (komunikasi yang dilakukan oleh orang dalam). Sedangkan komunikasi eksternal adalah komunikasi yang berlangsung antara organisasi kepada pihak yang berada diluar organisasi atau perusahaan tersebut.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close