School of Information Systems

Keuntungan dari Digital Marketing Strategy

Digital Marketing Strategy

Digital marketing strategy atau dalam Bahasa Indonesia berarti strategi pemasaran digital adalah sebuah rencana yang membantu suatu bisnis dalam mencapai tujuan digital tertentu melalui online marketing channel yang dipilih dengan teliti. Dalam membuat digital marketing strategy, sebuah bisnis perlu menentukan garis besar dari tujuan yang ingin dicapai. Contoh tujuan suatu bisnis secara garis besar antara lain: menungkatkan brand recognition, meningkatkan jumlah penjualan, menargetkan segmen pasar baru, menumbuhkan market share, meningkatkan kehadiran online (melalui website, media sosial, dan digital platform lainnya)

Keuntungan dari Digital Marketing Strategy

  1. Memberikan arahan dalam pemasaran digital

Setelah sebuah strategi baru terbuat dan tujuan strategis yang ingin dicapai telah diuraikan, tujuan ini akan diidentifikasi dengan jelas dan menjadi bagian dari setiap kegiatan pemasaran digital yang sedang berlangsung.

Suatu bisnis dapat menemukan kelemahan, mengetahui apakah bisnis tersebut memiliki sumber daya dalam mencapai tujuan, dan bagaimana menganalisis keberhasilan kegiatan pemasaran digital yang telah dilakukan, serta bagaimana mengarahkan semua aktivitas yang akan dilakukan di masa depan.

  1. Menguraikan value proposition

Dalam memasarkan produk atau jasa pastu akan muncul persaingan. Oleh karena itu, sebuah bisnis perlu memberikan value proposition yang membedakan produk atau jasa yang mereka berikan. Strategi pemasaran digital dapat digunakan untuk membantu suatu bisnis dalam menggali lebih dalam dan menemukan value proposition, bagaimana bisnis tersebut menarik target pasar, dan memberikan cara yang dapat dilakukan suatu bisnis untuk mendorong pelanggan agar lebih berinteraksi dengan brand bisnis tersebut dibandingkan dengan kompetitor, dan juga untuk meningkatkan penjualan.

  1. Mengenali target pasar

Digital marketing sangat terukur, banyak pemilik bisnis yang menggunakan digital marketing untuk menemukan target pasar dan bagaimana menarik perhatian mereka. Menemukan jenis konten apa yang paling diminati dan populer di kalangan pelanggan mereka.

  1. Mengintegrasikan pemasaran digital

Strategi yang jelas dapat membantu suatu bsinis dalam mengintegrasikan kegiatan pemasaran digital dalam area bisnis lainnya. Sebuah strategi dapat juga membantu dalam memastikan campaign yang dilakukan selaras dengan media lain, campaign pemasaran, atau channel lain yang dimiliki perusahaan.

  1. Memberikan budget yang tepat

Sebuah strategi harus dapat menguraikan dimana suatu bisnis tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk mencapai tujuan bisnis tersebut, serta skills apa saja yang tidak dimiliki, sehingga dapat menjadikan outsourcing sebagai salah satu altenatif dalam mengatasi masalah tersebut. Sehingga saat meminimalisir budget yang terbuang sia-sia.

  1. Meningkatkan ROI

Mendapatkan ROI dari marketing campaign sangat penting bagi suatu bisnis untuk menghindari sumber daya yang terbuang. Oleh karena itu, untuk menghindari sumber daya yang terbuang, suatu bisnis perlu menetapkan anggaran yang tepat untuk area pemasaran yang tepat, baik untuk channels maupun campaign yang selaras dengan tujuan bisnis tersebut. Strategi pemasaran digital dapat membantu untuk memastikan suatu bisnis untuk mengintegrasikan semuanya bersama sehingga lebih sedikit waktu dan uang yang terbuang.

  1. Optimisasi berkelanjutan

Strategi pemasaran dapat membantu suatu bisnis untuk terus meningkatkan aspek-aspek penting dari pemasaran digital mereka, dan dapat melihat dengan tepat dimana mereka mendapatkan hasil. Selain itu, juga dapat melihat bagaimana cara menperbaiki dan meningkatkan area yang menjadi masalah dan tau kapan waktunya untuk focus pada channel yang berfungsi dengan baik.

Sumber: https://www.e-xanthos.co.uk/blog/benefits-digital-marketing-strategy-business-needs-one

Arvira Swarnadwitya