School of Information Systems

Fungsi bahasa PHP dalam pembuatan website

PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman  scripting server – side. Apa itu bahasa pemrograman server – side, secara umum adalah bahasa pemrograman yang pengolahannya dilakukan di dalam komputer server atau web server yang telah terintegrasi dengan web engine.

Pada awalnya PHP merupakan singkatan dari Personal Home Page, yang awalnya digunakan untuk membuat website yang bersifat pribadi.  Bahasa PHP terus berkembang menjadi bahasa pemrograman yang lebih powerful dan banyak digunakan oleh banyak orang yang sudah tidak hanya digunakan untuk website yang bersifat pribadi, misalnya Wikipedia, Joomla, etc.

Semakin berkembangnya bahasa PHP yang dulu dikenal sebagai Personal Home Page, sekarang bahasa PHP lebih dikenal PHP : Hypertext Preprocessor. PHP bersifat open source dan bersifat gratis. Menurut w3techs.com sekitar 78% PHP digunakan sebagai bahasa server – side dari beberapa situs, data ini diambil 2 Maret 2020. W3techs adalah merupakan website yang memberikan informasi tentang berbagai jenis teknologi di web, dan laporan data yang diberikan selalu diperbaharui harian / daily.

Secara umum bahasa PHP, dapat digunakan untuk membuat website menjadi lebih dinamis, menghubungkan website dengan database, memproses form, dan masih banyak fungsi dari PHP lainnya, karena PHP merupakan bahasa scripting biasanya bahasa PHP diletakan atau disisipkan dalam HTML (Hypertext Markup Language).

Source :

https://w3techs.com/technologies/overview/programming_language

https://www.duniailkom.com/pengertian-dan-fungsi-php-dalam-pemograman-web/

Jeffrey Arief Mulyono