School of Information Systems

Pentingnya Mengenal Aspek –Aspek pada Customer Relationship Management

Customer Relationship Management merupakan bagian dari strategi perusahaan yang mengedepankan pertahanan hubungan antara perusahaan dengan customer. Pada CRM juga penting diperhatikan oleh perusahaan untuk mengetahui peningkatan relasi pelanggan terhadap perusahaan, adapun beberapa aspek yang ada pada CRM, yaitu :

  1. Customer Selection

Merupakan bentuk atau cara bagaimana sebuah perusahaan mendefinisikan pelanggan yang mereka targetkan.

Hal yang perlu diperhatikan :

  • Target range usia yang sesuai dengan komoditi yang dijual perusahaan dengan target
  • Komunitas yang di targetkan perusahaan dalam penjualan produk

Contoh :

      Sebuah perusahaan menyewakan tas tas branded, tentunya target customer selection perusahaan in sebagian besari adalah ibu ibu sosialita atau wanita karir.

  1. Customer Acquisition

Merupakan bagian strategi perusahaan yang dimaksudkan untuk mendapatkan pelanggan baru

Contoh :

            Perusahaan E-Commerce penjual kosmetik memberikan free trial kit bagi setiap pelanggan yang baru mendownload aplikasinya.

  1. Customer Retention

Merupakan bentuk strategi perusahaan yang berupa aktivitas marketing untuk perusahaan menjaga loyalitas customer yang ada dan tetap melebarkan sayapnya dalam mencari customer lain.

Contoh :

            Biasanya pada sebuah bank, ada yang dinamakan sebagai nasabah prioritas, dimana mereka akan diberikan pelayanan khusus karena loyalitas dan jumlah transaksinya yang banyak di bank tersebut.

  1. Customer Extension

Merupakan bentuk aktivitas atau strategi yang mengedepankan sebuah teknik marketing  untuk menjangkau customer membei produk secara upselling.

Contoh :

            Sebuah perusahaan yang menjual kosmetik memberikan harga jual yang lebih murah di setiap produkya untuk customer yang membeli barang secara bundling atau paket, semakin banyak barang yang dipilih maka akan semakin besar bonus dan diskon yang diberikan.

Cindy Nataliana