School of Information Systems

Cara Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Menurut Achmad S. Ruky, komunikasi merupakan proses pemindahan dan pertukaran pesan, dimana pesan ini dapat berbentuk fakta, gagasan, perasaan, data atau informasi dari seseorang kepada orang lain. Proses ini dilakukan dengan tujuan untuk mempengaruhi dan/ atau mengubah informasi yang dimiliki serta tingkah laku orang yang menerima pesan tersebut. Sedangkan Komunikasi menurut Anwar Arifin merupakan sebuah konsep multi makna. Dalam makna sosial, komunikasi merupakan proses sosial yang berkaitan dengan kegiatan manusia dan kaitannya dengan pesan dan prilaku. Maka dapat kita simpulakan komunikasi secara umum komunikasi adalah suatu tindakan atau kegiatan yang dilakukan untuk mentransfer informasi dari suatu tempat, orang, atau kelompok ke tempat lainnya.

Kemampuan komunikasi sangat penting di kehidupan kerja maupun kehidupa sehari-hari karena jika kita tidak dapat menyampaikan dengan baik seuatu berita dan kabar maka informasi sesunggahnya juga akan sulit diterima pendengar dan alhasil terjadi kekeliruan dan kesalahan. Dalam artikel ini saya akan membagikan beberapa tip dan cara yang dapat meningkatkan kemampuan kominikasi setiap individu yang memerlukan.

Kemampuan komunikasi dapat meningkat dengan cara kita lebih memeperhatikan atau melakukan observasi dengan cara mengamati cara berkomunikasi orang-orang yang ada disekitar anda, atau anda juga bisa menghadiri banyak acara seminar yang bertemakan komunikasi dan dengan pembicara handal. Dengan cara memperhatikan dan membandingkan diri dengan mereka yang terlihat sudah terbiasa maka anda juga dpaat mengoreksi diri dan memplajari hal itu dari mereka. pada dasarnya dengan mengetahui cara orang lain berkomunikasi, maka wawasan mengenai cara berkomunikasi yang baru dan lebih baik dapat anda peroleh dan terapkan dalam cara komunikasi anda.

Selain dengan acra mengamati dan memplajari kemampuan komunikasi juga dapat menbingkat jika kita lebih banyak membaca. Dengan membaca juga dapat membantu meningkatkan kemampuan komunikasi anda secara eferktif, dengan membaca kita akan mendapat lebih banyak pengetahuan yang mungkin dibutuhkan saat kita melakukan presentasi komunikasi sehingga kita akan terlihat lebih menguasai suasana dan apa yang anda sampaikan terlihat valid. Anda dapat membaca tenatng perkembangan lingkungan sekitar anda mauoun berita-berita yang sering diakat dan hangat diperbincangkan msayarakat.

Kemudian kampuan komunikasi perlahan akan semakin meningkat tanpa disadari jika anda lebih banyak menjalin hubungan sosial dengan banyak orang. Mengapa demikian? Jawabanya adalah karena ketika anda lebih banyak berbicara dan bertukar penndapat dengan orang maka and ajuga kan mendapat banyak pengetahuan baru, anda dapat memperluas wawasan anda dengan berbagai topik, selain itu tanpa sadar anda telah melatih diri anda untuk bisa berkomunikasi lebih dari satu arah ketika lawab bicara anda memberikan umpan balik.

Selanjutnya cara lainnya adalah dengan cara banyak melatih bahasa tubuh anda, anda harus mampu menyeimbangkan bahasa tubuh anda dengan apa informasi yang anda samapaikan dan hindari gerakan bahasa tubuh yang membuta pendengar anda mungkin akan bingung.  Bahasa tubuh merupakan salah satu tolak ukur yang sangatpenting kitika anda berbicara didepan banyak orang, hal ini dikarenakan ketika anda berbicara didepan umum maka semua mata akan tertuju pada anda, apa yang anda peragakan akan disimak oleh mereka yang mendengar dan melihat. Untuk itu sebelum anda menyampaikan informasi cerna dengan baik informasi tersebut sebelum anda membagikan ke orang lain melalui komunikasi.

Yang terkahir sebagai kunci utama agara anda dapat selalu mempertahankan kemampuan komunikasi anda adalah dengan cara banyak berlatih. Berlatih merupakan salah satu tips untuk meningkatkan kemampuan komunikasi karena semakin sering anda belajar untuk berkomunikasi secara baik, santai, dan nyaman, maka semakin kuat pula kemampuan komunikasi anda. Kemampuan komunikasi merupakan suatu hal yang tidak dapat diperoleh secara instan, artinya perlu adanya latihan yang dilakukan secara terus menerus.

Setelah memaparkan apa itu komunikasi, tujuannya dan beberapa cara untuk meningkatkan kempauan komunikasi diatas, penulis berharapa informasi ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Referensi

Ayu, S. (2018) 7 Tips Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Secara Efektif, Pakarkomunikasi.com. Available at: https://pakarkomunikasi.com/tips-meningkatkan-kemampuan-komunikasi-secara-efektif.

Anonymous (no date) Cara Mengembangkan Kemampuan Komunikasi yang Baik, WIKIHOW. Available at: https://id.wikihow.com/Mengembangkan-Kemampuan-Komunikasi-yang-Baik.

Devi Puri