School of Information Systems

Cara menemukan ide bisnis

Kamu mungkin pernah terkagum-kagum melihat ide bisnis orang lain yang begitu luar biasa sehingga bisa dari ide tersebut bisa berkembang menjadi sebuah bisnis. Sedangkan kita cukup sulit untuk mencari sebuah ide bisnis, bahkan pernah satu kali kita sudah mendapatkan sebuah ide, tapi pertanyaan baru muncul, Bagaimana eksekusinya? Atau kita sudah mendapatkan sebuah ide, tiba-tiba kepikiran dengan ide lain. Pada artikel ini, akan menjelaskan bagaimana kita bisa menemukan sebuah ide bisnis yang efektif.

  1. Temukan inspirasi di media sosial

Sekarang media sosial udah canggih banget, informasi apapun bisa di dapat dari media sosial. Kamu bisa cari informasi mengenai bisnis – bisnis yang lagi berjalan pada media sosial seperti youtube, instagram, facebook dan lain-lain. Bukan hanya itu, kamu juga bisa melihat video-video atau channel yang memberikan informasi seputar dunia bisnis, apa yang menjadi tren saat ini, bagaimana perjuangan seseorang dalam membangun sebuah bisnis dan lain-lain.

  1. Apa hobimu?

Temukan apa yang menjadi hobi atau kesukaan kamu. Memulai sebuah bisnis bisa dimulai dengan apa yang menjadi kesukaan kamu. Dengan melakukan sesuatu yang kita suka dan menjadikannya sebuah bisnis, kita akan dengan nyaman menikmati proses perjalanan membangun bisnis kita. Dengan begitu, kita sendiri bisa berkembang dan begitu juga dengan bisnis yang kita jalankan.

  1. Mengikuti seminar, workshop atau sharing session

Untuk menemukan ide bisnis kamu juga harus sering mengikuti seminar, workshop atau sharing session yang bertema bisnis. Sebisa mungkin kamu harus meluangkan waktu untuk hadir karena dapat menambah wawasan kita semakin luas. Tentu acara tersebut dihadiri oleh banyak orang, kamu bisa berkenalan dan membangun koneksi, serta belajar dengan orang-orang yang expert dalam dunia bisnis.

  1. Berawal dari masalah

Banyak ide bisnis berdiri menjadi sebuah bisnis yang besar karena berawal dari masalah yang besar bahkan kecil. Ide bisnis bisa lahir dari masalah personal seseorang atau banyak orang. Usaha laundry berdiri karena sebuah masalah, yaitu banyak orang yang tidak sempat untuk mencuci pakaian mereka sendiri.

  1. ATM

Apa itu ATM? Amati, Tiru, dan Modifikasi. Kamu bisa mengadaptasi ide yang sudah ada namun kamu juga harus menambahkan value, inovasi dan kreativitas sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang kelihatan baru.

Referensi :

https://bisnisukm.com/susah-dapat-ide-bisnis-ini-dia-tips-mencari-inspirasi-bisnis.html

http://entrepreneurcamp.id/cara-mencari-ide-bisnis/

Risky Tri Sandi