People Innovation Excellence
 

Kumpulan Situs untuk Melihat Inspirasi Design User Interface

Kumpulan Situs untuk Melihat Inspirasi Design User Interface

-Siti Julianingsih Nurfitriyani-

Saat membangun sebuah website atau aplikasi, sangatlah penting untuk membuat user interface yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, mudah digunakan dan juga memiliki desain yang menarik. Oleh karena itu, disini membutuhkan peran dari seorang UX/UI designer dalam merancang user interface yang sesuai dengan kebutuhan target pengguna. Namun, dalam membuat rancangan user interface, ada saatnya para desainer dalam kondisi stuck atau kehabisan ide. Untuk mengatasi hal tersebut, maka desainer dapat melihat inspirasi-inspirasi dari berbagai situs penyedia desain user interface. Saat ini, sudah banyak situs yang menyediakan inspirasi desain user interface yang dapat diakses secara gratis melalui web browser. Berikut adalah kumpulan situs yang dapat digunakan untuk melihat inspirasi desain user interface:

 

  1. Dribble

Dribble merupakan salah satu situs website terbesar yang menampung banyak UI/UX desainer dari berbagai negara. Melalui situs ini, para desainer dapat melihat berbagai macam inspirasi desain user interface, baik untuk desain website maupun mobile application. Desainer juga dapat mengunggah desain mereka dan mendapatkan feedback dari para pengguna lain. Secara keseluruhan, setiap desain yang ada di Dribble sudah melakukan proses kurasi yang memiliki standar cukup tinggi.

Link: https://dribbble.com/

  1. Pinterest

Pinterest merupakan media sosial yang berfokus pada segmen foto atau gambar. Meskipun pinterest merupakan media sosial, namun kita juga dapat memanfaatkan pinterest untuk menemukan inspirasi desain terkait dengan desain user interface. Kita dapat mencari desain user interface dengan mengetik kata kunci yang diinginkan. Selain itu, pada pinterest kita juga dapat menyimpan gambar yang kita temukan pada akun kita.

  1. Behance

Behance merupakan salah satu situs yang dikembangkan oleh Adobe. Behance adalah komunitas dan tempat bagi para desainer UI/UX di dunia untuk menambah wawasan dan juga menampilkan hasil portofolio desain mereka. Desain yang ada di situs ini sendiri pun sangat beragam seperti ilustrasi, desain industri, arsitektur, fotografi, seni rupa, desain iklan, tipografi, animasi dan lainnya.

Link: https://www.behance.net/

  1. Pttrns

Pttrns merupakan situs website yang berisi kumpulan desain UI/UX khusus untuk perangkat mobile. Kumpulan desain dalam situs ini didapatkan dari berbagai aplikasi di iOS dan Android yang terbaik. Situs Pttrns juga memberikan beragam template dan pengetahuan dalam mengembangkan UI/UX sebuah produk.

Link: https://pttrns.com/

  1. Awwwards

Awwwards merupakan situs yang berfokus untuk menunjukkan desain website yang telah dibuat oleh web designer. Desain website ini dikelompokkan berdasarkan usability, aspek design, content, dan juga creativity. Para pengunjung situs Awwwards juga dapat berkomentar terhadap desain website yang ditampilkan dalam situs ini.

Link: https://www.awwwards.com/

  1. Uplabs

Uplabs merupakan wadah untuk kumpulan komunitas web designer dan developer untuk saling berbagi inspirasi design UI/UX. Selain itu, situs Uplabs juga mempunyai pasar pribadi untuk memasarkan UI Kits, Icons, dan Themes yang dibuat oleh komunitas.

Link: https://www.uplabs.com/

  1. DesignModo

DesignModo menyediakan artikel, tutorial, dan berita tentang tren dan teknik dalam mendesain sebuah produk website atau aplikasi. Designmodo banyak dijadikan referensi karena menampilkan desain berkualitas tinggi dan artikel desain yang dapat menginspirasi para pengunjungnya.

Link: https://designmodo.com/

Sumber:

https://infokomputer.grid.id/read/121599699/lima-situs-ini-bisa-bantu-anda-mencari-inspirasi-desain-uiux?page=all

https://www.trehttps://www.inixindo.co.id/index.php/it-forum/79-pemrogramman/1424-situs-ini-bisa-bantu-kamu-mencari-inspirasi-desain-ui-uxntech.id/6-situs-untuk-mencari-inspirasi-seputar-desain-ui-ux/

https://appkey.co.id/blog/tips/10-situs-luar-negeri-yang-bisa-dijadikan-referensi-desain-ui-ux/


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close