School of Information Systems

E-Commerce Revenue Model

Model pendapatan suatu pengrajin menggambarkan bagaimana pengrajin tersebut akan memperoleh pendapatan, dan menghasilkan pengembalian investasi. Meskipun terdapat perbedaan dalam model pendapatan e-commerce yang telah dikembangkan, paling tidak organisasi akan memilih satu, atau beberapa kombinasi dari 6 model pendapatan di bawah ini

  • Advertising Revenue Model

Dalam model pendapatan iklan, sebuah website akan menghasilkan pendapatan, dengan menarik perhatian banyak pengunjung yang kemudian dapat terkena iklan. Model iklan adalah model pendapatan yang paling banyak digunakan di e-commerce, dan dapat dikatakan bahwa, tanpa pendapatan iklan, menggunakan website akan menjadi pengalaman yang sangat berbeda dari apa yang ada sekarang karena orang akan diminta untuk membayar untuk mengakses konten.

  • Sales Revenue Model

Dalam model pendapatan penjualan, pengrajin memperoleh pendapatan dengan menjual barang, informasi, atau jasa kepada pelanggan. Penyedia konten menghasilkan uang dengan menagih untuk mengunduh seluruh file seperti music track (iTunes Store) atau buku atau untuk mengunduh steaming musik.

  • Subscription Revenue Model

Dalam model pendapatan langganan, website yang menawarkan konten atau layanan biaya berlangganan untuk akses ke beberapa atau semua layanan yang berkelanjutan. Misalnya, versi online dari Consumer Reports memberikan akses ke konten premium, seperti peringkat rinci, ulasan, dan rekomendasi, hanya untuk pelanggan yang memiliki pilihan membayar biaya berlangganan bulanan atau per tahun.

  • Free/Freemium Revenue Model

Dalam model pendapatan bebas, pengrajin menawarkan layanan dasar atau konten gratis, apabila pelanggan melakukan pengisian premium maka akan mendapatkan fitur canggih atau khusus. Misalnya, Google menawarkan aplikasi gratis tetapi memungut biaya untuk layanan premium.

  • Transaction Fee Revenue Model

Dalam model pendapatan biaya transaksi, pengrajin menerima biaya untuk meningkatkan atau mengeksekusi transaksi. Misalnya, eBay menyediakan sebuah lelang pasar online dan menerima sejumlah biaya transaksi dari penjual jika penjual sukses dalam menjual barang tersebut.

  • Affiliate Revenue Model

Dalam model pendapatan afiliasi, website (disebut situs Web afiliasi) mengirim pengunjung ke website lainnya sebagai imbalan untuk biaya rujukan atau persentase dari pendapatan dari penjualan yang dihasilkan. MyPoints mendapatkan uang dengan menghubungkan pengrajin untuk pelanggan potensial dengan menawarkan penawaran khusus kepada para anggotanya.

Sumber:

Laudon, K. C. & Laudon, J. P., 2018. Management Information Systems: Managing the Digital Firm. 15th ed. England: Pearson Education Limited.

Arvira Swarnadwitya