School of Information Systems

Diagram Apa Saja sih yang Termasuk ke dalam Behavioral UML Diagram?

Diagram Apa Saja sih yang Termasuk ke dalam

Behavioral UML Diagram?

Oleh: Nur Anisa

UML adalah akronim yang merupakan kependekan dari Unified Modeling Language. UML (Unified Modeling Language) merupakan pengganti dari metode analisis berorientasi objek dan design berorientasi objek (OOAD&D/object-oriented analysis and design). UML adalah pendekatan modern untuk memodelkan dan mendokumentasikan perangkat lunak untuk mempermudah pengembangan aplikasi yang berkelanjutan. Selain itu UML juga digunakan oleh developer-developer untuk saling berbagi ilmu mengenai sistem atau aplikasi yang akan dikembangkan.

UML diagram terbagi menjadi beberapa jenis dan masing-masing diagram memiliki tujuan yang berbeda terlepas dari apakah diagram tersebut dirancang sebelum implementasi atau sesudah implementasi (sebagai bagian dari dokumentasi). Dua jenis kategori paling luas yang mencakup semua jenis lainnya ialah Behavioral UML diagram dan Structural UML diagram. Sama seperti namanya, beberapa UML diagram digunakan untuk menganalisis dan menggambarkan struktur dari suatu sistem atau proses, sedangkan yang lain menggambarkan perilaku (behavior) sistem, aktor, dan komponennya.

Behavioral diagram menunjukkan apa yang harus terjadi dalam suatu sistem dan menggambarkan bagaimana objek berinteraksi satu sama lain untuk menciptakan sistem yang berfungsi. Berikut adalah diagram-diagram yang termasuk ke dalam Behavioral diagram:

  1. Activity Diagram

Activity diagram merupakan UML diagram yang paling penting untuk menggambarkan proses bisnis dan urutan aktivitas dalam sebuah sistem agar lebih mudah dipahami. Proses nya berfokus pada serangkaian aktivitas dan bagaimana aktivitas tersebut dapat berhubungan dengan awal dan akhir yang jelas serta terdapat decision (keputusan) yang mungkin terjadi pada sistem. Activity diagram ini dibuat berdasarkan sebuah use case atau beberapa use case dalam use case diagram.

  1. Use Case Diagram

Use case adalah hubungan antara fungsionalitas sistem dengan aktor internal/eksternal dari sistem. Use case diagram tidak menjelaskan secara detil tentang penggunaan use case, tetapi hanya memberi gambaran singkat hubungan antara use case, aktor, dan sistem. Namun, use case diagram digunakan untuk menganalisis persyaratan sistem tingkat tinggi. Ada 3 komponen utama dalam UML diagram ini yaitu:

  • Persyaratan fungsional – direpresentasikan sebagai use case; sebuah kata kerja yang mengggambarkan suatu Tindakan
  • Aktor – yang berinteraksi dengan sistem; seorang aktor dapat manusia, organisasi atau aplikasi internal maupun eksternal
  • Hubungan antara aktor dan use case – direpresentasikan dengan garis lurus.
  1. Interaction Overview Diagram

Diagram ini adalah salah satu diagram yang paling kompleks karena merupakan salah satu bentuk visualisasi kerjasama antara activity diagram dengan sequence diagram. Interaction Overview Diagram dapat dianggap sebagai activity diagram dimana semua aktivitas diganti dengan sedikit sequence diagram, atau bisa juga dianggap sebagai sequence diagram yang dirincikan dengan notasi activity diagram yang digunakan untuk menunjukkan aliran pengawasan. Artinya untuk notasinya merupakan sebagian besar notasi yang digunakan dalam activity diagram dengan penambahan elemen seperti interaction, interaction use, time constraint, duration, dan lain-lainnya.

  1. Timing Diagram

Timing diagram adalah bentuk lain dari interaction diagram, dimana fokus utamanya lebih ke waktu. Sebuah timing diagram merupakan berntuk khusus dari sequence diagram. Perbedaan antara timing diagram dan sequence diagram adalah sumbunya dibalik, sehingga waktu meningkat dari kiri ke kanan dan lifeline ditunjukkan dalam kompartemen terpisah yang disusun secara vertikal. Timing diagram fokus pada perubahan kondisi didalam dan di antara lifeline sepanjang sumbu waktu linear serta menggambarkan perilaku baik classifiers individu dan interaksi dari classifiers.

  1. State Machine Diagram

State Machine Diagram atau disebut juga sebagai Statechart diagram, merupakan diagram untuk menggambarkan transisi dan perubahan keadaan (dari satu state ke state lainnya) suatu objek dalam suatu sistem. Dinamakan state machine karena diagram tersebut pada dasarnya adalah mesin yang menggambarkan beberapa keadaan suatu objek dan bagaimana objek tersebut berubah berdasarkan kejadian internal ataupun eksternal.

  1. Communication Diagram

Communication diagram disebut juga collaborative diagram. Fokus utama diagram ini adalah komunikasi antar objek. Diagram ini menggambarkan struktur organisasi dari sistem dengan pesan yang diterima dan dikirim. Dalam communication diagram yang dituliskan adalah operasi atau metode yang dijalankan antara objek yang satu dengan objek yang lainnya secara keseluruhan. Oleh karena itu dapat diambil dari jalannya interaksi pada semua sequence diagram.

  1. Sequence Diagram

Sequence diagram merupakan diagram UML paling penting karena menggambarkan urutan pesan dan interaksi yang terjadi antara aktor dan objek. Aktor atau objek hanya dapat aktif bila diperlukan atau ketika objek lain ingin berkomunikasi dengannya. Dalam UML, objek pada sequence diagram digambarkan dengan segi empat yang berisi nama dari objek yang digarisbawahi. Pada objek terdapat 3 cara untuk menamainya yaitu: nama objek, nama objek dan class, dan nama class.

Diagram ini secara khusus berasosiasi dengan use case diagram dan memperlihatkan tahap demi tahap apa yang seharusnya terjadi untuk menghasilkan sesuatu di dalam use case. Tujuan utamanya adalah mendefinisikan urutan kejadian yang dapat menghasilkan output yang diinginkan.

Sumber:

https://tallyfy.com/uml-diagram/

https://creately.com/blog/diagrams/uml-diagram-types-examples/

https://www.codepolitan.com/mengenal-diagram-uml-unified-modeling-language

https://www.codepolitan.com/unified-modeling-language-uml

https://www.codepolitan.com/belajar-uml-sequence-diagram-57fdb1a5ba777-17044

Anisa