School of Information Systems

Dynamic Panel dan Kegunaan Dymanic Panel pada Axure 9

Dynamic panel adalah sebuah widget yang dapat diibaratkan menjadi wadah untuk menampung widget – widget lain nya. Salah satu ciri khas dari dynamic panel ialah memiliki minimal 1 state (halaman) atau banyak state. Dynamic panel dapat digunakanuntuk membuat feature tab control, accordion control, fly out, auto rotating banner, dll.

Dynamic panel unik karena merupakan satu-satunya jenis widget yang dapat di-drag atau di-swipe di browser web. Mereka juga satu-satunya jenis widget yang dapat disematkan ke posisi tetap di jendela browser, menjadikannya pilihan ideal untuk headers dan sidebars navigasi-navigasi yang selalu terlihat.

Icon Dynamic Panel

Dynamic Panel pada Canvas

Lalu, apa saja penggunaan dynamic panel?

  • Tab Control

Tab control adalah sebuah feature atau interaksi yang dapat dilakukan pada widget dynamic panel. Dimana masing-masing tab yang dibuat akan memiliki tidnakan dalam membentuk bagian Tab yang dimilikinya. Fungsi dari tab control adalah untuk merancang menu dengan beberapa tab di dalamnya.

  • Accordion Control

accordion control adalah interaksi yang berbentuk seperti alat music akordion. Fungsi dari accordion control adalah untuk membuat menu yang dapat “menurun kebawah”.

        

  • Fly Out Menu

flyout menu adalah salah satu contoh penggunaan dynamic panel. Fungsi flyout menu adalah untuk menampilkan submenu yang ada di menu utama nya.

  • Auto Rotating Banner

auto rotating banner adalah interaksi yang disediakan oleh halaman “on page load” interaction yang merupakan gambar yang bergerak seperti slide. Fungsi dari auto rotating banner adalah untuk membuat galeri slideshow otomatis.

  • Drag and Drop Image Interaction

Drag and Drop Image Interaction adalah sebuah interaksi dengan memindahkan (menyeret) gambar atau widget dan meletakkannya (menjatuhkan) ke lokasi yang telah ditentukan.

  • Photo Carousel

Photo Carousel adalah sebuah interaksi yang dihasilkan dari perubahan gambar atau keadaan yang mengakibatkan dampak pada widget.

  • Draggable Map

Draggable map adalah sebuah interaksi dengan menggerakkan (menyeret) peta yang telah disediakan.

Reference:

https://docs.axure.com/axure-rp/reference/dynamic-panels/

Zaki Izzani Akbar