School of Information Systems

Efektivitas dan Efisiensi Pembelajaran Menggunakan Video Conference

Efektivitas dan Efisiensi Pembelajaran Menggunakan Video Conference

Pada masa yang sulit ini, segala macam pekerjaan dilakukan secara remote agar meminimalisir penyebaran nya Covid-19 yang ada di masyarakat. Pembelajaran yang ada di perkuliahan pun dialihkan menjadi Video Conference karena ditiadakan nya pembelajaran F2F(Face to face). Video Conference ini memiliki keunggulan dan kerugian yang dapat dijadikan pembelajaran di masa yang akan mendatang.

Berikut adalah list kelebihan dan kekurangan Video Conference dalam menunjang pengajaran selama kuliah online berlangsung :

 Keuntungan dalam penggunaan Video Conference :

– Mahasiswa yang pada umumnya diam pada pertemuan F2F, lebih cenderung menjadi aktif pada Video Conference.

– Fleksibilitas, kelas dapat dilakukan dimanapun mahasiswa berada tanpa harus datang ke kelas.

– Melatih kemandirian mahasiswa dalam sistem pembelajaran agar menjadi aktif.

– Mahasiswa jadi lebih explore dalam menggali materi melaui browsing internet.

Dibalik keuntungan dalam penggunaan Video Conference, dapat dijabarkan kerugian Video Conference menjadi poin-poin dibawah ini :

– Mahasiswa cenderung menyepelekan kelas online karena kehadiran tidak dapat didata secara valid, sehingga mahasiswa menganggap bahwa kehadiran Video Conference tidak dapat dicatat oleh system.

– Banyak nya mahasiswa yang terlambat masuk ke dalam Video Conference sehingga membuat pembelajaran menjadi kurang efektif dikarenakan beberapa mahasiswa yang masuk di pertengahan sesi tidak mengerti materi yang sudah disampaikan sebelumnya, sehingga banyak pertanyaan yang diulang.

– Minimnya semangat mahasiswa dalam mengerjakan tugas yang sudah diberikan.

– Mahasiswa tidak dapat dikontrol karena banyak mahasiswa yang mematikan kamera pada saat pengajaran berlangsung.

– Hambatan berupa sinyal juga tidak luput dari kesulitan yang dapat menyulitkan pengajar dalam menyampaikan materi.

Dari keuntungan dan kerugian diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa dengan diadakan nya kelas online/video conference, mahasiswa diharapkan dapat menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. Perihal absensi dalam video conference, dapat ditarik kesimpulan bahwa perlu nya absensi yang dilakukan di aplikasi yang ada agar mahasiswa lebih bisa menghargai kedisiplinan waktu yang ada.

Cindy