People Innovation Excellence
 

Cara Membuat Poster yang Baik dan Menarik

Di setiap tempat seperti di kampus, jalan, bioskop, kantor kita sering menemui poster. Poster merupakan salah satu media untuk menyampaikan informasi dimana poster terdiri dari tulisan, gambar atau gabungan keduanya yang tentunya memiliki tujuan dan makna didalamnya. Tujuan dari poster adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca dapat berupa ajakan, perkenalan, pemberitahuan dan lainnya. Sekarang ini poster menjadi salah satu media yang digunakan oleh seseorang untuk mempromosikan bisnis mereka, selain menghemat biaya iklan atau pemasaran, poster juga dinilai cukup efektif untuk menarik perhatian banyak orang.

Berikut ini adalah cara untuk membuat poster yang baik dan menarik :

  • Jarak Pandang dan Pemilihan Font

Dalam membuat poster, perhatikan jarak pandang. Poster yang kita buat harus bisa dibaca oleh orang lain dengan jarak yang normal atau wajar. Teks yang ditampilkan pada poster terdapat 3 lapisan yang berbeda. Di lapisan pertama (judul) tentu harus dibuat dengan ukuran paling besar dibandingkan dengan lapisan lainnya dan pilihlah font yang dapat dibaca dan menarik perhatian. Pada lapisan kedua berisi rincian informasi dengan font yang lebih kecil daripada lapisan pertama. Pada lapisan ketiga berisi detail yang lain yang bisa terdapat pada bagian bawah dengan font yang lebih kecil.

  • Pemilihan Warna

Pililah warna yang sesuai dalam membuat poster dan bisa disesuaikan dengan tema yang dapat menjadi identitas. Misalnya kamu membuat poster tentang lingkungan, warna yang bisa kamu pakai adalah warna hijau. Pemilihan warna yang tepat dapat membuat orang bisa membedakan poster kita, membangkitkan energi, meningkatkan mood hingga menarik untuk dilihat mata. Kamu bisa mencari referensi mengenai color palette.

  • Desain Poster yang Minimalis

Desain poster yang minimalis lebih membangkitkan minat pembaca. Poster tidak harus ramai, satu kata atau gambar dramatis dapat berkomunikasi jauh daripada menggunakan banyak kata atau gambar sehingga membuat pembaca bingung.

  • Target Audiens

Desain poster yang kita buat harus disesuaikan dengan target audiens yang kita tujukan. Misalnya kita membuat poster lomba untuk mahasiswa, tentunya desain poster dari segi demografis dan psikografis harus disesuaikan. Sehingga dapat meningkatkan minat mereka untuk membaca poster yang kita buat.

 

Referensi :

https://www.behance.net/gallery/6449927/Typeforce-4-Submission-Announcement


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close