People Innovation Excellence
 

Apa yang Harus Dipersiapkan untuk Mengikuti Lomba?

Perlombaan pada tingkat mahasiswa sangatlah banyak dan beragam. Mulai dari perlombaan debat, case study, business plan, dan sebagainya. Tentunya dalam mengikuti lomba-lomba tersebut, pembekalan materinya berbeda. Namun secara keseluruhan, tahapan persiapan lomba hampir sama. Artikel ini akan membahas beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk mengikuti lomba secara umum.

  1. Pemahaman Peraturan Lomba

Setiap penyelenggara lomba tentu mempunyai aturan/persyaratan untuk lomba yang diselenggarakan. Beberapa lomba juga mempunyai aturan umum dan aturan khusus. Aturan umum biasanya seputar jenjang pendidikan mahasiswa, batasan umur, persyaratan dokumen yang harus dimiliki, dan lain-lain. Aturan khusus biasanya ada untuk perlombaan yang mempunyai lebih dari satu cabang. Misalkan ada dua cabang perlombaan yang diadakan yaitu lomba debat dan lomba case study. Maka, perlu diperhatikan apa aturan khusus untuk masing-masing lomba. Aturan khusus bisa seputar bentuk dokumen yang diminta atau tema khusus lomba tersebut. Tema sangat penting untuk dipahami karena akan berdampak pada tahap pembekalan materi nantinya. Beberapa lomba mempunyai guideline book yang akan menjadi panduan bagi peserta lomba.

  1. Pembakalan Materi

Setelah memahami lomba, pastinya peserta lomba juga harus mempersiapkan diri dengan pembekalan materi. Pembekalan materi disesuaikan dengan jenis dan tema lomba yang diikuti. Misalkan Anda baru saja mendaftarkan diri sebagai peserta lomba business plan, maka Anda dapat mencari materi-materi seputar business plan. Pembekalan materi bisa dilakukan dari banyak sumber seperti buku, jurnal, internet, dan contoh-contoh lomba sejenis. Beberapa perlombaan mempunyai arsip-arsip karya lomba sebelumnya. Anda bisa melihat seperti apa karya pemenang pada tahun-tahun sebelumnya. Ini bisa menjadi inspirasi bagi Anda jika Anda dapat mempelajari pola pemenang perlombaan yang akan Anda ikuti.

  1. Carilah Mentor

Sebisa mungkin carilah mentor untuk Anda dalam mengikuti lomba. Mengapa? Karena dalam mennghasilkan sebuah karya atau mempersiapkan materi debat, Anda butuh pendapat dari orang lain yang lebih berpengalaman. Siapakah orang yang cocok jadi mentor? Orang tersebut bisa jadi kakak tingkat yang pernah menang atau mengikuti lomba sejenis atau dosen yang bersedia membimbing Anda dalam mengikuti lomba.

  1. Siapkan Mental dan Fisik yang Prima

Siapa bilang mental dan fisik hanya untuk orang-orang yang mengikuti perlombaan olah raga? Misalkan Anda mendaftarkan diri sebagai peserta lomba business plan, Anda tetap perlu mempersiapkan mental dan fisik yang prima. Memang tidak perlu latihan seperti layaknya atlet basket berlari keliling lapangan selama 1 jam, namun Anda perlu keadaan bugar untuk dapat berpikir maksimal. Ide-ide cemerlang akan bermunculan dari kondisi tubuh yang prima. Selain fisik yang prima, Anda juga perlu mental yang Tangguh. Jika Anda diharuskan untuk melakukan presentasi di depan banyak orang, maka siapkan mental Anda sebaik-baiknya. Setiap orang mempunyai “ritual” mereka sendiri untuk mempersiapkan mentalnya. Kesiapan mental juga berarti Anda siap untuk menerima apapun hasil perlombaan yang Anda ikuti. Seseorang yang mempunyai kesiapan mental yang prima adalah seseorang yang tidak akan jumawa ketika menang, dan pantang menyerah ketika kalah.

Sekian hal yang perlu dipersiapkan untuk Anda yang akan mengikuti lomba. Apapun jenis perlombaan yang Anda ikuti, pastikan Anda mempersiapkan keempat hal di atas. Semoga Anda yang akan mengikuti lomba bisa mendapatkan hasil yang terbaik!


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close