People Innovation Excellence
 

6 Tips Persiapan Sebelum Mempresentasikan Lomba

Presentasi menjadi hal yang sangat penting ketika apa yang kita bawakan akan menjadi sebuah tolak ukur, presentasi biasanya biasa kita temui dalam sebuah forum atau di depan kelas, organisasi, komunitas ataupun dalam ajang kompetisi. Kesuksesan sebuah presentasi dapat diukur dengan hasil akhir yang diterima oleh presentator. Tapi apakah kalian pernah memperhatikan faktor apa sajakah yang dapat membuat sebuah presentasi berjalan lancar dan apa sajakah yang harus kita persiapkan untuk membawakan presentasi. Berikut diantaranya persiapan yang umum yang jadi fokus banyak orang adalah persiapan materi dan mungkin juga persiapan slide presentasi. Materi yang dibawakan dan slide yang dipresentasikan merupakan salah satu unsur yang penting akan tetapi selain isi materi dan penampilan content ada hal-hal yang juga harus kita perhatikan atau yang perlu kita siapkan sebelum memulai presentasi. Berikut hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum anda membawakan presentasi.

  1. Kenali siapa Audience.
    Persiapan dapat dimulai dengan mengenali audience yang akan menyimak presentasi Anda, misalnya ketika anda telah memutuskan untuk ikut dalam kompetisi tersebut, tentunya anda telah mengetahui tema dan siapa saya yang akan hadir untuk mendengarkan presentasi tersebut. Jika target audience telah ditemukan maka susunlah materi dengan penyesuaian tersebut dan ciptakan suasana yang sesuai dengan tema kompetisi tersebut.
  1. Tentukan tujuan presentasi.
    Jika pada hari itu anda membawa materi berupa sebuah ide bisnis baru, model baru, rangcangan atau sebagainya. Maka saat melakukan presentasi usahakan anda memberikan ajakan yang meyakinakan sesuai dengan tujuan utama anada membawakan ide yang ada pada materi yang telah disipkan dan hindari sesuatu yang dapat menghilangkan fokus dan ide yang dianggap tidak sesuai sejak awal denga judul presentasi.
  1. Kuasi isi materi dengan matang.
    Jika materi presentasi yang akan Anda bawakan sudah dikuasai secara penuh, maka pada tahap initidak terkendala. Namun abila materi presentasi belum Anda kuasai, maka Anda akan membutuhkan waktu lebih lagi dan mungkin akan sangat menyitas waktu untuk hal yang lebi penting. Kenali juga struktur dari materi yanng akan dibawakan sebelum anda mempresentasikannya agar tidak adanya hambatan seperti berfikir dan mencerna slide di pertengahan presentasi.
  1. Siapkan bahan dengan menarik.
    Siapakan materi atau membuat desain slide presentasi Anda dengan sebaik-baiknya. unakan visual yang baik, yang relevan dengan konten Anda, kemudian pastikan juga kontras warna juga terjaga, khususnya kontras warna latar belakang dengan elemen yang ada diatasnya, ini supaya konten yang Anda tampilkan jelas terbaca. Kemudian lagi gunakan pilihan warna  secara konsisten, setiap elemen pada point dengan baik dan rapi, agar materi lebih enak dilihat, pastikan juga tidak menggunakan animasi dan transisi yang berlebihan,
  1. Persiapakan segala keperluan teknis.
    Yang perlu anda siapakan bukan hanya materi saja, akan tetapi terkadang sebuah presentasi akan dilihat juga dari segi kesiapan alat yang dibawa contohnya Yang pertama adalah laptop, Kedua adalah remote presenter, Ketiga, LCD Protektor. Memang dibeberapa acara mungkin beberapa alat ini telah dipersiapakan, namun tidak ada salahnya jika kita juga mempersiapkan secara pribadi guna mempersiapkan dan meminimlisir keadaan apapun yang mungkinterjadi.
  1. Persiapan mental dan fisik.
    Persiapan ini bisasanya lebih kearah bagaimana kita lebih percaya diri dan jangan terlalu banyak memikirkan hal negatif yang belum tentu terjadi hari itu. Kemudian yang terkait fisik, persiapan fisik juga sangat penting, kesehatan fisik harus Anda jaga, jangan sampai Anda kelelahan, karena jika Anda kelelahan ini bisa sanga menggangu pembawaan presentasi Anda nantinya.

Dari keenam saran persiapan diatas penulis berharap dapat membantu dan info diatas dapat bermanfaat bagi teman-teman yang mengalami kesulitan maupun sedang membutuhkan referensi tentang apa saja yang perlu disiapkan sebelum melakukan sebuah presentasi lomba maupun presentasi lainnya.

Referensi
https://www.edura.id/kampus/tips-cara-presentasi/


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close