School of Information Systems

Bahasa Pemograman yang Penting Dipelajari di Tahun 2020

Seperti yang sudah kita ketahui, teknologi akan terus mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Karena itu, Anda perlu menguasai beberapa jenis bahasa pemrograman untuk kebutuhan pengembangan teknologi di tahun 2020.

Bahasa pemrograman sendiri saat ini tersedia dalam beragam jenis, jadi cukup penting bagi Anda untuk mengetahui bahasa apa yang akan banyak digunakan dalam pengembangan teknologi di tahun yang akan datang. Untuk memudahkan Anda, berikut beberapa jenis bahasa pemrograman yang sebaiknya dipelajari di tahun 2020.

  • Python

Python terus menjadi salah satu bahasa pemrograman terbaik yang harus dipelajari setiap tahun oleh programmer. Bahasa Python merupakan bahasa pemrograman yang serba guna. Bahasa ini banyak digunakan untuk pengembangan website dan analisis data. Python hadir dengan sejumlah kemudahan seperti adanya dukungan komunitas yang besar, open-source libraries, frameworks, dan modules yang membuat tugas-tugas programmer dapat diselesaikan dengan mudah. Meskipun Python telah hadir sejak beberapa waktu yang lalu, bahasa ini masih masuk akal untuk terus dipelajari di tahun 2020 karena dapat membantu Anda untuk mendapatkan pekerjaan atau mengembangkan karir ke depan.

  • Javascript

JavaScript juga menjadi bahasa populer di kalangan progammer. Bahasa ini dapat digunakan oleh front end dan back end. Saat ini, JavaScript merupakan jenis bahasa pemrograman yang banyak digunakan dalam Machine Learning, App Development, dan Game Developement. Tidak heran jika JavaScript masuk ke dalam list bahasa pemrograman yang harus dipelajari di tahun 2020. Selain itu, JavaScript juga menjadi bahasa pemrograman standar website karena semua situs web yang Anda lihat di internet dikembangkan menggunakan bahasa ini.

  • Java

Seiring dengan semakin banyaknya perusahaan yang mengembangkan aplikasi Android, maka kebutuhan akan programmer yang menguasai bahasa Java juga semakin meningkat. Java sepenuhnya adalah bahasa yang berorientasi objek. Jadi, jika Anda ingin memperdalam skill pemrograman yang berorientasi objek, maka Java merupakan pilihan yang tepat.

  • Go – Lang

Go Lang termasuk salah satu jenis bahasa pemrograman modern dan sedang populer saat ini. Bahasa ini dikelola dan dikembangkan oleh Google. Di masa depan, Google juga akan menggunakan bahasa ini untuk pengembangan sebagian besar proyek mereka. Sintaks pada bahasa pemrograman Golang sangat mudah, bahkan lebih mudah daripada Python dan JavaScript.

  • Swift

Tidak ada yang membayangkan permintaan untuk Objective-C akan hilang ketika Objective-C digunakan khusus untuk produk Apple setelah Apple merilis Swift. Selama produk Apple digunakan, Objective-C akan terus menjadi bahasa yang penting selama beberapa tahun. Sebagian besar proyek open source untuk iOS masih ditulis dalam Objective-C, jadi pada tahun 2017 pun Objective-C merupakan bahasa yang bermanfaat untuk dipelajari. Mempelajari sesuatu yang konsepnya tidak dapat sepenuhnya dipahami secara umum akan menjadi sesuatu hal yang tidak efisien. Karena itu, jika Anda mengenal Swift, Objective-C akan mudah dipelajari begitu sebaliknya.

Referensi :

Willy Kristian