School of Information Systems

Amazon Web Services IoT

Amazon Web Services IoT

Oleh: Nur Anisa

Amazon Web Services (AWS) adalah penyedia layanan cloud yang aman, AWS menawarkan tenaga komputasi, ruang penyimpanan database, “content delivery network” dan fungsionalitas lainnya yang membantu banyak bisnis untuk berkembang dan menjalankan aplikasi dengan baik. Selain itu, Amazon Web Services menyediakan layanan infrastruktur yang bermanfaat untuk membangun bisnis perusahaan dan sebagai akses penawaran produk dari suatu perusahaan ke perusahaan lain. Layanan cloud computing yang disediakan oleh Amazon Web Services juga memungkinkan pengguna dapat menyimpan data secara permanen di dalam server di internet.

Terdapat miliaran perangkat di rumah, kantor, tambang minyak, rumah sakit, mobil, dan ribuan tempat lainnya. Seiring cepatnya perkembangan perangkat, meningkat pula kebutuhan akan solusi untuk menghubungkannya serta mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis data perangkat. Oleh karena itu, Amazon Web Services merilis salah satu produk yang bernama Amazon Web Services Internet of Things (IoT). AWS IoT menyediakan fungsionalitas yang luas dan dalam, menjangkau edge hingga cloud, sehingga dapat membuat solusi IoT untuk setiap kasus penggunaan secara virtual di seluruh ragam perangkat. Karena AWS IoT berintegrasi dengan layanan AI, pengguna dapat membuat perangkat lebih pintar, bahkan tanpa konektivitas internet. AWS IoT juga dapat dengan mudah diskalakan saat perangkat berkembang dengan cepat dan kebutuhan bisnis berubah. AWS IoT juga menawarkan fitur keamanan paling komprehensif, sehingga pengguna dapat membuat kebijakan keamanan preventif dan segera merespons potensi masalah keamanan.

AWS IoT menyediakan 4 layanan analisis yang berguna untuk mengekstrak nilai dari data IoT yaitu:

  • AWS IoT Analytics mempermudah menjalankan analisis canggih pada volume data IoT yang masif.
  • AWS IoT SiteWise memudahkan pengguna mengumpulkan, mengatur, dan menganalisis data industri pada skala besar.
  • AWS IoT Events mempermudah dalam mendeteksi dan merespons peristiwa dari sejumlah besar sensor dan aplikasi IoT.
  • AWS IoT Things Graph memudahkan dalam menghubungkan ke berbagai perangkat dan layanan cloud guna membangun aplikasi IoT.

Sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/Amazon_Web_Services

https://aws.amazon.com/id/iot/

https://www.codepolitan.com/berkenalan-dengan-amazon-web-services-aws-59c134d181e85

Nur Anisa