People Innovation Excellence
 

Pengaruh Unicorn bagi Revolusi Industri 4.0

Pengaruh Unicorn bagi Revolusi Industri 4.0

Created by : Willy Kristian

            Unicorn adalah status untuk perusahaan startup yang mempunyai nilai valuasi atau nilai pasar sebesar 1 milliar dollar Amerika. Jika dirupiahkan berdasarkan kurs rupiah terhadap dollar Amerika saat ini adalah sebesar Rp. 14.145.000.000.000,00. Istilah ini awalnya diciptakan pada tahun 2013 oleh Aileen Lee, pendiri Cowboy Ventures. Terdapat istilah lainnya selain Unicorn sesuai berdasarkan nilai valuasi pasarnya seperti Decacorn adalah istilah yang digunakan untuk perusahaan – perusahaan diatas 10 milliar dolal Amerika, sementara Hektocorn adalah istilah untuk perusahaan sejenis yang bernilai lebih dari 100 milliar Dollar Amerika.

            Unicorn pada dasarnya adalah perusaan Startup, hanya yang membedakannya adalah nilai valuasi dari perusahaan tersebut apakah layak mendapat gelar Unicorn atau tidak. Lantas bagimana Startup dapat mencapai nilai valuasi sebesar itu? Berdasarkan tulisan diatas kita ketahui nilai valuasi Unicorn adalah jumlah yang fantastis. Startup pada jaman sekarang setidaknya harus memiliki sifat ‘disruptive’ bagi pasar / industry yang sudah ada atau bahkan menciptakan sebuah industry baru dengan inovasi baru dengan solusi pemecahan masalah dalam masyarakat yang lebih tepat.

            Pada tahap awal, pengeluaran, pengeluaran perusahan startup cenderung melebihi pendapatan mereka saat mereka mengembangkan, menguji dan memasarkan ide mereka. Karena itu, mereka sering membutuhkan pembiayaan. Startup dapat didanai oleh pinjaman usaha kecil tradisional dari bank atau dari sektor swasta atau sektor privat. Suatu startup yang dapat membuktikan potensinya akan dapat menarik pembiayaan modal yang lebih besar lagi, inilah salah satu potensi penyebab naiknya valuasi suatu startup menjadi Unicorn.

            Industri 4.0 adalah sebuah istilah yang diciptakan pertama kali di Jerman pada tahun 2011 yang ditandai dengan revolusi digital. Industri ini merupakan suatu proses industry yang terhubung secara digital yang mencakup berbagai jenis teknologi, mulai dari 3D Printing hingga robotic yang diyakini mampu meningkatkan produktivitas. Lompatan besar terjadi dalam sektor industri era revolusi industry keempat, di mana teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan sepenuhnya. Pada Era ini model bisnis mengalami perubahaan besar, tidak hanya dalam proses produksi, melainkan juga di seluruh rantai nilai industry.

            Saat ini sudah terdapat empat startup yang menyandang gelar Unicorn yaitu Traveloka, Gojek, Bukalapak, dan Tokopedia ke-empat startup ini mempunyai nilai valuasi diatas 1 milliar dollar Amerika. Hal ini menunjukkan bahwa perkembangan teknologi dan penggunaan sistem informasi melalui teknologi bertumbuh dengan cepat di Indonesia. Ini juga memicu pemerintah untuk mempercepat pembangunan infrastruktur melalui pembangunan kabel fiber optik di jalur Palapa Ring. Tujuannya adalah menyebarkan Internet secara merata diseluruh penjuru Indonesia. Dengan begitu Startup baru yang akan bermunculan dapat berkembang menjadi Unicorn selanjutnya dan memperkuat perkembangan ekonomi Indonesia.

REFERENSI :


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close