People Innovation Excellence
 

Implementasi Internet of Things Pada Bidang Pendidikan

Pemanfaatan teknologi dalam Pendidikan adalah hal yang tidak perlu diperdebatkan lagi, bahwa teknologi informasi dan komunikasi (Information & Communication Technology) telah memberikan dampak yang positif bagi dunia Pendidikan, khususnya dalam hal peningkatan kualitas dan kuantitas proses belajar mengajar. Selain itu, teknologi informasi dan komunikasi juga akan semakin berkembang pesat dengan ditambahnya penerapan Internet of Things di berbagai bidang, salah satunya bidang Pendidikan. Internet of Things memiliki potensi dalam mendukung proses pembelajaran dengan mengoptimalkan komunikasi dan interaktifitas, baik antara manusia dengan manusia, manusia dengan benda, maupun benda dengan benda.

            Dalam bidang Pendidikan IoT dapat diterapkan dalam beberapa aktivitas seperti berikut:

  1. E-Learning

Sistem E-Learning merupakan sebuah proses pembelajaran jarak jauh dengan menggabungkan prinsip-prinsip dalam proses pembelajaran dengan teknologi. Sistem ini memanfaatkan infrastruktur internet dalam proses belajar mengajar. Sehingga siswa dapat mengakses dan memahami suatu topik atau materi. Lalu, siswa dapat mengakses materi pembelajaran dimanapun dan kapanpun.

2.  Peminjaman Buku

Proses pencatatan stok buku dan transaksi dalam perpustakaan akan semakin mudah dan lancar dengan diterapkannya Internet of Things ini. Dengan IoT, Siswa dan orang tua dapat melakukan peminjaman buku dari rumah kemudian mengambilnya pada saat berada di sekolah. Sehingga sistem tersebut dapat melakukan Analisa terhadap minat membaca anak dilihat dari statistik buku yang dipinjam.

Selain itu, IoT juga memberikan pekerjaan yang lebih efisien bagi para pengajar dan pelajar. Contohnya adalah, para pengajar mampu mengoptimalkan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh pelajar. Dengan menggunakan cloud, para pengajar juga mampu melihat hasil serta statistik masing-masing pelajar dengan informasi yang lebih cepat dengan cara mengumpulkan data hasil belajar. Selain itu, IoT juga mampu mengurangi biaya operasional sekolah, salah satu contoh sekolah yang sukses mengurangi biaya adalah Sekolah di New Richmonde, Tipp City, Ohio, Amerika Serikat. Dalam laporan, mereka mampu mengurangi sekitar USD128,000 setiap tahunnya dengan menggunakan sistem pembelajaran berbasis web-terpusat untuk mengontrol semua peralatan mekanik di sekolah.

Oleh karena itu, semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi akan membuat munculnya inovasi-inovasi baru dalam dunia Pendidikan yang akan lebih mendukung dan meningkatkan kualitas dunia Pendidikan. Internet of Things juga diyakini memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan dalam mendukung proses pembelajaran yang lebih efektif.

Sumber:

https://yukbelajardulu.com/2019/04/25/internet-of-things-di-dunia-pendidikan/

http://meldaekaputri2018.blogspot.com/2018/11/internet-of-things-iot-dalam.html

https://www.kajianpustaka.com/2014/06/pengertian-karaktiristik-dan-manfaat-elearning.html


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close