People Innovation Excellence
 

Dampak Buruk Adanya Internet of Things

Internet merupakan suatu kebutuhan yang mungkin sudah tidak bisa lepas dari kehidupan manusia saat ini. Hampir segala sesuatu dalam kehidupan manusia berhubungan dengan internet. Ini dikarenakan internet memiliki manfaat yang luar biasa untuk kehidupan manusia. Dengan manfaat internet yang sangat beragam ini muncul istilah Internet of Things atau lebih di kenal dengan IoT.

Internet of Things (IoT) atau internet untuk semua bermakna bahwa hampir seluruh benda kini sudah dapat terhubung dengan internet dan saling terintegrasi. Konsep IoT membuat suatu objek memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer. Pengimplementasian IoT dalam teknologi untuk berbagai aktivitas di kehidupan sehari-hari membuat pekerjaan menjadi cepat, mudah dan efisien. Namun, selain membawa manfaat yang menguntungkan, Iot juga memiliki dampak negatif yang cukup mengancam menurut peneliti dari Kaspersky.

Ancaman IoT yang paling utama ialah soal keamanan data. Data dapat digunakan untuk mengungkap berbagai informasi yang selama ini tersembunyi. Pengusaha dan penguasa di mana pun pasti menginginkannya. Akibatnya, peretasan dan pencurian data akan makin marak. Data dapat disalahgunakan oleh penjahat cyber demi kepentingan yang tidak jelas.

Salah satu contoh produk yang dapat digunakan untuk mematai-matai seseorang oleh hacker adalah smart TV. Hacker dapat mengirim serangan pada peranti tersebut yang dikenal dengan nama Cryptolocker. Dengan serangan itu, hacker dapat membajak TV pengguna kemudian menampilkan pesan tidak jelas. Sehingga pengguna harus mengeluarkan banyak uang untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

Tidak hanya smart TV, benda lainnya yang diam-diam dapat menjadi ancaman untuk keamanan seseorang adalah mesin pembuat kopi yang dapat mengekspos password WiFi penghuni rumah, video monitor bayi yang bisa dikontrol oleh pihak ketiga yang berniat jahat, dan sistem keamanan rumah berbasis smartphone yang bisa dikendalikan hanya dengan tipuan magnet.

Selain itu, kemajuan komunikasi melalui internet saat ini berkembang sangat pesat. Hal itu juga mengakibatkan timbulnya dampak negatif yang sangat terlihat di kehidupan masyarakat dengan adanya Internet of Things yaitu kurangnya interaksi antar manusia. Kebanyakan manusia sekarang ini lebih memilih saling berkomunikasi melalui media komunikasi seperti Line, WhatsApp, dan lainnya, serta akan mengurangi intensitas bertemu.

Dari beberapa dampak buruk yang terpapar diatas, masih banyak dampak positif yang dapat diperoleh dari penggunaan Internet of Things. Oleh karena itu, masyakarat hanya perlu mengambil dampak positifnya semaksimal mungkin untuk mengurangi resiko terjadinya dampak negatif pada kehidupan dan harus berhati-hati dalam menggunakan Internet of Things.

Sumber:

https://ukirama.com/en/blogs/pentingnya-peran-internet-of-things-iot-dalam-revolusi-industri-4-0

http://jurusanku.com/id/internet-of-things-2/

https://www.dumetschool.com/blog/Dampak-Jika-Semua-Benda-Terhubung-Ke-Internet

https://techno.okezone.com/read/2015/06/25/207/1171544/ini-dampaknya-jika-semua-benda-terhubung-ke-internet

http://dindaockta.blogspot.com/2017/02/dampak-internet-of-thing-iot-bagi.html


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close