People Innovation Excellence
 

Bagaimana perkembangan Fintech di masa yang akan datang?

Penggunaan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari tersebut telah mengubah perilaku masyarakat hampir pada semua aspek kehidupan, seperti jual beli secara online (e-commerce), interaksi sosial secara digital, buku elektronik, koran elektronik, transportasi publik (taksi dan ojek), layanan pendukung pariwisata, dan juga financial technology (FinTech).

Pertarungan antara perbankan dengan perusahaan financial technology (fintech) dalam menyediakan layanan keuangan diproyeksi semakin kencang. Saat ini, perbankan masih menguasai mayoritas transaksi keuangan, tapi ke depan pangsa pasar ini diperkirakan terdisrupsi fintech. Dalam lima sampai sepuluh tahun ke depan, 10% pangsa pasar transaksi keuangan perbankan Indonesia akan pindah ke fintech.

Lima sektor teknologi keuangan (fintech) akan mengalami pertumbuhan yang signifikan di Indonesia dalam lima tahun ke depan. Sektor-sektor tersebut adalah pembayaran online, pinjaman peer-to-peer (P2P), teknologi asuransi (insurtech), crowdfunding, dan agregator harga, ia menambahkan, dengan alasan bahwa mereka akan mengalami pertumbuhan yang cepat karena layanan mereka dapat diakses oleh 100 juta pengguna smartphone di Indonesia.

Layanan peminjaman P2P memiliki potensi terbesar kedua untuk pertumbuhan karena mereka menawarkan pinjaman kecil yang mudah diakses di sebuah negara di mana hanya 36 persen penduduknya yang terlibat dalam perbankan. Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan bahwa pemberi pinjaman P2P telah mendistribusikan Rp 11,7 triliun per akhir Agustus tahun 2018, dengan angka yang diperkirakan meningkat menjadi Rp 18 triliun pada bulan Desember 2018.

Perkembangan bisnis FinTech dan industri lainnya di sektor jasa keuangan, sangat dipengaruhi oleh faktor kepercayaan (trust). Jika masyarakat tidak percaya maka bisa dipastikan bahwa bisnis FinTech tidak akan berkembang.

Referensi:
https://www.goodnewsfromindonesia.id/2018/11/26/5-sektor-fintech-yang-akan-berkembang-pesat-di-indonesia-dalam-5-tahun-mendatang
https://www.modalrakyat.id/blog/fintech-p2p-lending-lebih-populer-dibanding-bank-bagaimana-bisa-


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close