People Innovation Excellence
 

“Penggunaan Quick Response Code Payment di Era Indutri 4.0”

“Penggunaan Quick Response Code Payment di Era Indutri 4.0”

Oleh : Devi Puri

Quick Response Payment atau yang lebih dikenal dengan QR code merupakan sebuah metode pembayaran yang kini telah banyak dipergunakan oleh banyak instansi seperti industri, perdagangan hingga perbankan, dan QR code itu sendiri merupakan hasil evaluasi dari barcode yang biasanya kita lihat pada suatu produk. QR Code bekerja dengan cara yang mirip dengan barcode UPC. Data ini bisa juga berisikan sebuah URL untuk sebuah situs Web, aplikasi, akses pembayaran (tergantung dengan jenis kebutuhan data).

QR Code ini juga telah banyak diaplikasikan di beberapa Negara seperti China, India, Amerika Serikat, Afrika dan beberapa Negara lainnya. Lalu bagaimana dengan Indonesia sendiri?,  Indonesia tentunya juga telah banyak menggunakan QR sebagai salah satu metode pembayaran. Lalu, apa saja aplikasi di Indonesia yang sudah bisa digunakan untuk melakukan transaksi QR payment?, berikut contoh aplikasi di Indonesia yang telah dilengkapi dengan fitur pembayaran QR Code, yaitu; Gojek, sakuku, T-Cach, lazada dan masih banyak lainnya. Bukan hanya aplikasi berbasis penjualan online bahkan perbankan kini telah mengaplikasikan metode transfer dengan menggunakan QR Code agar mempermudah dan mempercepat proses transaksi yang dibutuhkan nasabah.

Banyaknya frekuensi penggunaan QR Code ini tentunya tidak hanya dipicu oleh trend pada Era indutri 4.0 saja, akan tetapi juga karena adanya jaminan akan adanya kemudahan dan akses yang cepat. Para pengguna ditawarkan dengan kemudahan bertransaksi tanpa harus  memikirkan card dan uang tunai yang harus dibawa ketika bertransaksi. Dan transaksi menggunakan QR Code juga tentunya akan mempersingkat waktu transaksi karena proses yang harus kita ikuti hanyalah scan code dan melanjutkan pembayaran. Bahkan beberapa merchant tidak lagi perlu menggunakan mesin EDC untuk menggesek kartu debit maupun kredit.

Berdasar pada alasan diatas adapun beberapa faktor menjadi pemicu kita lebih memilih menggunakan QR Code sebagai metode pembayaran yaitu pertama adanya kemudahan bertransaksi, kedua proses transaksi yang lebih cepat, dan yang ketiga adalah kita juga dapat menghemat penggunaan resource seperti EDC electronic data capture yang secara tidak langsung kita juga mengurangi penggnakan struk. Meski begitu metode pembayaran menggunakan QR Code ini juga memiliki polemik tersendiri ketika digunakan oleh pengguna, apa saja polemik tersebut?, contohnya adalah kacaunya sinyal ketika proses pembayaran dan masih ada merchant yang belum memfasilitasi dengan metode pembayaran QR Code Payment.

Seperti yang telah diketahui secara umum bahwa metode pembayaran menggunakan metode QR Code ini sangat bergantung dengan jaringan operator maupun jaringan nirkabel sekitarnya, meskipun metode QR menawarkan kemudahan dan kecepatan akan tetapi proses bisa saja terbatal dikarenakan kacaunya jaringan. Dan belum semua merchant menerima QR Code payment sebagai metode pembayaran untuk saat ini, tetapi seiring dengan perkembangan yang pesat pada Era Industri 4.0 permasalahan ini akan teratasi sendirinya nanti.

QR Code pada umumnya digunakan untuk mempermudah dan mempersingkat proses transaksi yang sering kita lakukan terlepas dari adanya polemik-polemik yang menimbulkan rasa sukar untuk menggunakan metode pemayaran menggunakan QR Code ini.

Referensi :

file:///C:/Users/BINUS%20Asset/Downloads/Apa%20Itu%20QR%20Code.pdf

https://www.cermati.com/artikel/qr-payment-cara-bayar-kekinian-newbie-di-indonesia

https://www.moneysmart.id/qr-code-payment-buat-transaksi-ini-lho-untung-ruginya/


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close