People Innovation Excellence
 

Bagaimana perkembangan IOT di Indonesia Pada tahun 2020?

Sejak kemunculan dan pertumbuhan Internet of Things (IoT) yang cepat, banyak organisasi global telah menyediakan spesifikasi dan pedoman untuk membuat aplikasi IoT. Oleh karena itu, aplikasi IoT sangat beragam di alam karena heterogenitas platform yang tersedia. Identifier memiliki serangkaian karakter yang digunakan untuk mengidentifikasi entitas fisik atau virtual. Pada dasarnya, perangkat IoT atau aplikasi perlu dikenali sebelum digunakan dalam lingkungan IoT. Ada banyak platform yang menggunakan berbagai Skema Identifikasi unik global (IS) atau metode kepemilikan mereka sendiri. Masalah muncul ketika perangkat dari platform yang berbeda perlu bertukar data atau berkomunikasi dengan aplikasi lain. Karena kurangnya standar identifikasi, inter-working di antara platform IoT tetap menantang.

            Dengan pesat nya perkembangan teknologi, IOT pun sudah mulai berkembang dan dapat dimanfaatkan untuk membantu berbagai kegiatan dan tugas manusia di rumah, kantor, jalan, dan lainnya. Dibawah ini ada beberapa prediksi yang mungkin saja ter-realisasikan di tahun 2020 terhadap perkembangan IOT di Indonesia.

  1. Perkembangan yang terjadi akan lebih menyeluruh

Pada tahun 2019 saja, kemunculan IoT mampu menjembatani mesin yang memproduksi data dengan memanfaatkan sensor, dalam perangkat ponsel dan perangkat pintar lainnya untuk mengumpulakn informasi secara realtime. Semua data yang terkumpul akan dianalisa dan dipakai untuk membuat keputusan serta mengembangkan layanan atau produk yang relevan. Bagaimana di tahun 2020? Pastinya, perkembangan teknologi IoT akan lebih berkembang dan semakin banyak connected Devices.

  1. Membantu meningkatkan proses keamanan

Dengan banyaknya ketersediaan internet di berbagai perangkat, pengguna bisa berinteraksi langsung dengan mesin. Karena, hal tersebut sejalan adanya tujuan IoT dengan menghubungkan hampir semua perangkat untuk berinteraksi setiap harinya dengan manusia melalui koneksi internet. Kemungkinan besar perangkat IoT dapat membuat pribadi manusia rentan akan peretasan dan masalah keamanan. Untuk perkembangan di tahun 2020 sendiri, para innovator teknologi menawarkan dan memberikan solusi keamanan untuk para pengguna perangkat IoT agar merek tidak kehilangan data, termasuk control penguna istimewa (privileged).

  1. Smartcity akan menjadi target perkembangan cyber

Sebuah kota perlu menjadi pintar untuk meningkatkan efisiensi dalam pelayanan masyarakat, tetapi banyak kota yang belum mempersiapkan system keamanan ke dalam perangkat mereka yang terhubung ke internet. Pada tahun 2020 diprediksi adanya peningkatan serangan ransomeware di kota-kota pintar yang akan menjadi target sehingga menyebabkan gangguna besar terhadap pelayanan masyarakat. Oleh karena itu, kota-kota pintar harus mengambil jalan pencegahan dan mulai mempersiapkan system keamanan dari sekarang.

  1. Peningkatan pasar IOT di Indonesia pada tahun 2020

Riset McKinsey menunjukkan estimasi potensi pasar IoT di Indonesia mencapai $3 miliar pada tahun 2020. Dari nilai tersebut, ada empat kategori yang akan mendominasi pasar IoT di Indonesia, yakni kendaraan, industri, smart city, dan ritel. Di lihat potensi pasar yang sedemikian besar, masih ada beberapa hal yang menghambat pertumbuhan industri IoT di Indonesia. Padahal ekosistem IoT di Indonesia dinilai mulai berkembang dan cukup siap untuk menghadapi tren IoT di global.

 

References

Aftab, H. et al., 2019. Analysis of identifiers on IoT platforms. Digital Communications and Network, pp. 1-8.

Aidiem, 2019. Bagaimana Perkembangan IoT di Tahun 2020?. [Online]
Available at: https://www.kompasiana.com/idmetafora/5c91de4e3ba7f707c618c112/bagaimana-perkembangan-iot-di-tahun-2020?page=2

 

 

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close