School of Information Systems

Mengelola keuangan dengan Aplikasi Halofina (financial advisor)

Mengelola keuangan dengan Aplikasi Halofina (financial advisor)

Oleh : Annisa Safira Braza

Kebutuhan manusia pastinya selalu meningkat setiap saat. Pemasukan dan pengeluaran yang besar selalu menjadi permasalahan bagi kaum milenial saat ini. Apalagi, susahnya menabung membuat masyarakat bingung harus menanbung darimana dan seperti apa. Tetapi, seiring perkembangannya teknologi , kini sudah hadir aplikasi yang dapat mengelola keuangan kita. Bahkan, kita juga dapat menabung setiap bualnnya, sesuai dengan target yang ingin kita capai.

Halofina berdiri pada 2017 di Bandung. Saat itu, platform ini hanya menyediakan layanan edukasi investasi lewat video dan podcast. Awal 2018, fungsi platform Halofina diperlengkap dengan empat fitur unggulan. Pertama, Financial Planning. Fitur ini membantu pengguna merencanakan keuangannya sesuai perencanaan pengguna. Misalnya, pengguna yang ingin melakukan perjalanan (travelling) dan membutuhkan dana besar. Fitur ini akan membantu membuat perhitungan untuk mencapai target dana yang diinginkan.

Kedua, Portofolio Investment Recommendation. Halofina akan memberikan rekomendasi terkait instrumen investasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Ketiga, Life Plan Tracking guna melakukan pengawasan (monitoring) terhadap kinerja (performance) dari asetnya melalui notifikasi yang dikirim oleh Halofina.

Keempat, Vinapedia yang menyediakan berbagai layanan edukasi mengenai perencanaan dan pengelolaan keuangan pribadi berupa konten artikel, video, dan glosarium. Lewat fitur ini,  pengguna dapat memahami tentang  perencanaan pribadi (personal planner) secara komprehensif.

Pengguna hanya perlu mendaftar dan mengisi beberapa informasi dasar mengenai keuangan mereka untuk menggunakan aplikasi ini. Informasi dasar itu berupa rata-rata gaji (range of salary) dan biaya yang dikeluarkan (range of expense) tiap bulannya.

REFRENSI

https://katadata.co.id/berita/2019/03/17/aplikasi-halofina-mempermudah-milenial-dalam-berinvestasi

Braza