People Innovation Excellence
 

Creating a Visualization in TIBCO

Data adalah fakta – fakta yang harus dikelola terlebih dahulu untuk menghasilkan suatu informasi yang diperlukan oleh perusahaan. Data dapat terdiri dari berbagai jenis. Oleh karena itu, berbagai jenis – jenis dari visualisasi ditawarkan untuk menyajikan data dengan cara yang relevan. Untuk membuat visualisasi, gunakan visualisasi yang direkomendasikan sesuai kebutuhan data yang ingin diolah atau memulai visualisasi dari awal.

Menggunakan Visualisasi yang Direkomendasikan pada TIBCO Spotfire

Ketika user menambahkan data dan memilih kolom data yang diinginkan, user akan disajikan dengan berbagai jenis visualisasi yang direkomendasikan. User dapat memilih visualisasi mana yang dirasa cocok atau dapat disesuaikan dengan kebutuhan user. Untuk membuka visualisasi yang direkomendasikan, user dapat meng-klik icon ini 

Membuat Visualiasi dari Awal

            Pilihan lainnya adalah membuat visualisasi sendiri dari awal dan membuat pengaturan sendiri.  Berbagai jenis dari visualisasi yang dapat dibuat dari awal :

  1. Creating a table

Visualisasi tabel menyajikan semua detail data yang dimuat. Nilai – nilai individual diatur dalam kolom dan baris.

  1. Creating a cross table

Cross table digunakan untuk meringkas data dalam jumlah yang besar, dan menampilkan hasilnya pada format tabel terstruktur.

  1. Creating a bar chart

Pada bar chart, user dapat membandingkan nilai dari berbagai kategori pada data user.

  1. Creating a waterfall chart

Waterfall chart menunjukkan bagaimana suatu nilai berubah setelah dipengaruhi oleh berbagai faktor yang meningkatkan atau mengurangi nilainya. Hasil dari nilai tersebut kemudian akan ditampilkan.

  1. Creating a line chart

Line chart digunakan untuk menunjukkan tren, dan dalam kebanyakan kasus dari waktu ke waktu. Pada chart ini juga dapat digunakan untuk membedakan pola-pola tertentu.

  1. Creating a combination chart

Dalam combination chart, user memiliki pilihan untuk menampilkan bars dan lines dalam satu visualisasi.

  1. Creating a pie chart

Pie chart adala grafik lingkaran yang dibagi menjadi beberapa sektor.  Ini digunakan untuk membandingkan nilai untuk berbagai kategori dalam data user secara relatif. Setiap sektor mewakili kategori tertentu, dan ukurannya merupakan konstribusi kategori terhadap keselurhan nilai yang dinyatakan dalam persentase.

  1. Creating a scatter plot

Scatter plot ditampilkan dalam sistem koordinat dua dimensi. Hal ini berguna untuk mendapatkan gambaran umum tentang bagaimana data user didistribusikan secara dua dimensi.

  1. Creating a map chart

Pada map chart, data user diposisikan dalam konteks geografis, menggunakan berbagai lapisan. Lapisan data berupa lapisan data, seperti lapisan penanda atau fitur, atau refrensi. Dengan menambahkan lapisan yang berbeda pada map chart, user dapat mengonfigurasi map chart sesuai dengan kebutuhannya.

  1. Creating a treemap

Treemap digunakan untuk menampilkan data dalam jumlah yang besar yang dapat terstruktur secara hirarki. Treemap menampilkan data menggunakan persegi Panjang yang berbeda ukuran dan memiliki warna.

  1. Creating a KPI chart

KPI chart digunakan untuk dengan cepat menginformasikan tentang kinerja perusahaan atau organisasi pada waktu saat ini. User membuat KPI yang berbeda, yang mengukur faktor – faktor yang penting untuk dipantau.

  1. Creating a parallel coordinate plot

Parallel coordinate plot digunakan untuk membandingkan nilai data yang memiliki tipe atau besaran yangsangat berbeda dalam suatu visualisasi. Nilai – nilai dinormalisasi dan kemudian ditampilkan per kolom data.

  1. Creating a histogram

Pada histogram, user dapat menampilkan distribusi dari data numerik. Seluruh rentang nilai numerik dibagi menjadi interval yang sama pada kategori, dan untuk setiap interval, ditunjukkan berapa banyak nilai data yang termasuk di dalamnya.

  1. Creating a trellised visualization

Visualisasi yang dipisah-pisah dibagi menjadi beberapa panel, dimana setiap panel mewakili bagian dari data. Dengan menggunakan trellised visualization, user dapat melihat persamaan dan perbedaan antara subset data dan subset.

  1. Duplicating a visualization

Duplicating visualization dapat dibuat untuk digunakan sebagai titik awal untuk membuat visualisasi serupa yang lainnya.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close