People Innovation Excellence
 

Pembekalan Keterampilan Analitik Data kepada Mahasiswa Malaysia oleh TIBCO Spotfire

Pembekalan Keterampilan Analitik Data kepada Mahasiswa Malaysia oleh TIBCO Spotfire

Tri Nur Auliyaa – S3904

Konsep melakukan analitik data telah ada selama berthaun-tahun, sebagian besar organisasi pun sudah melakukan analitik atas data yang dimiliki untuk mendapatkan nilai manfaat yang signifikan dari data yang dimiliki. Banyak manfaat yang didapatkan dalam melakukan analitik data seperti, pengurangan biaya, pengambilan keputusan yang lebih cepat dan lebih baik hingga kemampuan untuk mengukur kebutuhan dan kepuasan berbagai pihak.

Melihat pentingnya penerapan dalam ilmu tersebut, TIBCO software Inc. melakukan kolaborasi dengan salah satu universitas di Malaysia, Universitas Teknologi dan Inovasi (APU) dalam mewujudkan misinya untuk memperluas kemampuan analitik data dan pengetahuan IoT. APU akan menggunakan TIBCO Spotfire dalam pengajaran dan penelitian yang akan dilakukan oleh mahasiswa di lingkungan akademis universitas.

Tibco dan APU akan melibatkan mahasiswa sarjana Sekolah Komputasi dan Teknologi, serta mahasiswa program Rekayasa Mekatronik dari Fakultas Teknik. Kedua organisasi ini ingin membekali para mahasiswa dengan keterampilan data untuk menunjang karier mereka di masa depan. Mahasiswa akan berlatih dengan solusi TIBCO untuk memastikan bahwa mereka memiliki keterampilan dan kemampuan yang diperlukan dalam memenuhi kebutuhan industri yang ada saat ini.

Universitas Teknologi dan Inovasi dan TIBCO akan fokus pada teknologi IoT dalam melakukan pengajaran mengenai keterampilan data analitik dengan skenario berdasarkan kehidupan nyata, dimana industri dapat memanfaatkan data secara real time untuk membuat keputusan berdasarkan informasi yang berkaitan dengan kebutuh perusahaan. Kerjasama ini pun diharapkan akan meningkatkan kesadaran siswa tentang seberapa penting analisi data dan keterampilan IoT di Malaysia.

Source:

Nathasya, 2018. Big Data: Perkembangan, dan Dampaknya pada Bisnis. [Online]  Available at: https://www.dewaweb.com/

Online, R. W., 2019. Tibco Bekali Mahasiswa Kampus Malaysia dengan Keterampilan Analitik Data. [Online]  Available at: https://www.wartaekonomi.co.id/


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close