People Innovation Excellence
 

TIBCO X Telkomsel : Enhancing Customer’s Experience

TIBCO X Telkomsel : Enhancing Customer’s Experience

Dalam perjalanan bisnisnya, Tekomsel selalu berusaha untuk membuat lebih banyak produk yang inovatif dan berorientasi nilai, serta bundel layanan yang relevan dengan gaya hidup pelanggan yang semakin digital. Salah satu provider telekomunikasi terbesar di Indonesia tersebut melayani basis pelanggan yang dinamis dan mengerti digital. Maka dari itu telkomsel membutuhkan arsitektur yang skalabel untuk menciptakan produk seluler yang gesit dan relevan untuk memenuhi permintaan pelanggan.

Sebelumnya, Telkomsel melayani pelanggan menggunakan cara tradisional seperti datang secara langsung ke kantor cabang atau melalui kontak kantor pusat. Sekarang, pelanggan Telkomsel dapat berinteraksi melalui berbagai saluran digital seperti aplikasi seluler, situs web, dan media sosial. Sayangnya arsitektur Telkomsel yang monolitik tidak dapat mengakomodasi kapasitas, fleksibilitas dan skalabel pada saat dibutuhkan. Oleh karena itu, Telkomsel beralih untuk berkerja sama dengan TIBCO.

Dengan menggunakan TIBCO Cloud ™ Mashery®, TIBCO BusinessWorks ™ Container Edition, dan perangkat lunak Manajemen Pemenuhan Pesanan TIBCO, maka telkomsel mampu meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan. Sehingga dapat dipastikan bahwa semua pelanggan Telkomsel akan mendapat kualitas layanan yang sama-sama lebih cepat, dan fleksibel.

TIBCO Cloud ™ Mashery® merupakan platform API berbasis cloud yang dapat digunakan di mana saja, dan mengelola API dari mana saja. Sementara TIBCO BusinessWorks ™ Container Edition mengubah design arsitektur monolitik  dengan menggunakan microservices yang merupakan potongan-potongan koding yang kecil, terpisah, dan dapat digunakan kembali.

Dengan menggunakan keduanya, maka Telkomsel dapat menyederhanakan koneksi antar API dan layanan Microsoft-nya untuk mengintegrasikan beberapa lapisan seperti saluran orchestrator, layanan bisnis, dan  backend. Arsitektur ini akan memberikan kapasitas dan fleksibilitas untuk melakukan lebih banyak transaksi per detik — hingga 30.000 dan terus bertambah.

Kemudian, dengan mengimplementasikan TIBCO Fulfillment Order Management offer and price engine software, memungkinkan pelanggan Telkomsel mencari dan dengan cepat menemukan penawaran yang disesuaikan dengan geografi, tipe pelanggan, dan titik harga tertentu dengan menampung puluhan ribu  jenis produk dalam cache di dalam memori. Dengan demikian, maka produk dan penawaran dari Telkomsel dapat lebih mudah diakses, dan masuk ke pasar lebih cepat, sehingga dapat menghasilkan pertumbuhan pasar hingga tiga kali lipat.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close