School of Information Systems

Perkembangan IoT dalam bidang kesehatan

Perkembangan IoT dalam bidang kesehatan

Oleh : Jeffrey Arief  Mulyono

Sumber : https://daily.oktagon.co.id/yuk-kenali-konsep-internet-of-things-dalam-dunia-kesehatan/

Pada jaman sekarang, perkembangan teknologi sudah masuk ke dalam bidang kesehatan, sebagai contoh aksesori yang dapat digunakan layaknya alat otoskopi. Mungkin sebagian orang belum mengenal apa itu otoskopi, otoskopi adalah prosedur pemeriksaan telinga bagian dalam secara visual, biasanya otoskopi dilakukan untuk mendiagnosis infeksi telinga atau untuk melihat seberapa baik pengobatan untuk suatu kondisi telinga yang sedang bekerja.

Selain itu pemanfaat teknologi IoT dalam bidang kesehatan dapat digunakan untuk memantau jarak jauh, sebagai contoh sudah banyak penerapan wearables yang bisa digunakan untuk mengontrol pasien rawat jalan dari jarak jauh. Teknologi ini dapat mengawasi pasien dari jarak jauh dan dapat menjadi salah satu metode penting untuk mengurangi biaya kesehatan dan mempertebal kemungkinan kesembuhan pasien, dengan pemanfaatan teknologi dapat meng efisiensikan waktu sebagai contoh dokter yang menemukan perubahan pada tanda-tanda vital pada pasien penyakit jantung, dapat mengganti pengobatan sebelum masalah yang lebih serius datang, sehingga pada akhirnya mereduksi kebutuhan dan biaya ruang darurat. Dokter pun dapat melacak status kesehatan pasien di rumah, dan melakukan konsultasi lewat koneksi video call, jadi pasien mendapat cara preventif untuk mengobati penyakit tersebut secara real – time, sehingga dapat meminimalisir  terjadinya hal yang kurang dihendaki atau salah pemberian obat untuk pasien yang membutuhkan bantuan tenaga ahli atau spesialis.

Selain dapat berfungsi untuk memantau dapat jarak jauh, pemanfataan IoT dalam wearables menjadi lebih praktis, sebagai contoh pada jaman sekarang kita dapat melihat sebagian besar masyarakat sudah banyak mengenal yang namanya smart – watch seperti apple watch, Samsung watch ataupun smartwatch lainnya.Beberapa smart watch tersebut mempunyai fitur untuk mengontrol kesehatan pengguna, seperti  dapat mengingatkan jika kita terlalu lama hanya diam dan kurang bergerak, berapa gelas air yang telah diminum dan lain lain.

Dalam perkembangan IoT dalam bidang kesehatan mempunyai tantangan sendiri bagi pengguna teknologi tersebut, antara lain kemungkinan kegagalan keamanan dari penyedia IoT, yang memungkinkan terjadinya kebocoran data privasi konsumen, membatasi perpindahan, analisa sampai dengan komersialisasi data kesehatan.

Jeffrey