People Innovation Excellence
 

Jenis Pekerjaan Baru yang muncul di Industri 4.0

Jenis Pekerjaan Baru yang muncul di Industri 4.0

S3719 – Jennifer Alexandra

Revolusi industri 4.0 merupakan fase revolusi teknologi yang mengubah cara beraktivitas manusia dalam skala, ruang lingkup, kompleksitas, dan transformasi dari pengalaman hidup yang sebelumnya. Prinsip dasar revolusi industri 4.0 adalah menggabungkan mesin, alur kerja, dan sistem dengan menerapkan jaringan cerdas di sepanjang rantai dan proses produksi. Hal ini bertujuan untuk mengendalikan satu sama lain secara mandiri. Perkembangan teknologi yang pesat akan mendorong perubahan perilaku masyarakat dan peningkatan kebutuhan akan mendorong berubahnya dan terciptanya peluang bisnis dan pekerjaan baru.

Di era industri 4.0, banyak orang beranggapan bahwa robot akan menggantikan profesi manusia. Banyak lapangan kerja yang akan musnah karena kehadiran robot yang dianggap lebih efektif dan efisien untuk menggantikan peran manusia. Tetapi dalam kenyataannya, dalam revolusi Industri 4.0 ini tidak akan merebut pekerjaan manusia sama sekali, jurstru akan muncul pekerjaan-pekerjaan baru yang mendukung teknologi AI (Artificial Intelligence). Dan kehadiran AI (Artificial Intelligence) juga akan membantu manusia lebih produktif  serta memastikan proses bisnis berjalan dengan lebih efisien. Jadi manusia dan AI (Artificial Intelligence) akan bekerja berdampingan dan tetap memerlukan satu sama lain.

Penerapan sistem Industri 4.0 dinilai dapat menghasilkan peluang pekerjaan baru yang lebih spesifik, terutama yang membutuhkan kompetensi tinggi. Untuk itu, dibutuhkan transformasi keterampilan bagi sumber daya manusia (SDM) industri di Indonesia yang mengarah kepada bidang teknologi informasi. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian, Ngakan Timur Antara mewakili Menteri Perindustrian pada kuliah umum mahasiswa dan dosen Departemen Teknik Mesin dan Industri, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada.

Masa depan pekerjaan dalam era revolusi Industri 4.0 akan banyak dipengaruhi oleh kehadiran Big Data. Keberadaan Big Data memiliki peluang menjanjikan untuk merevolusi dunia industri secara global. Kuncinya ada pada pada penciptaan tenaga kerja kompeten secara kualitas, kuantitas, dan persebaran. Dimana kualitas harus sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. Kuantitas atau jumlah tenaga kerja harus banyak (memadai). Berikut adalah jenis pekerjaan baru yang kemungkinan akan hadir di Industri 4.0: Data Trainer dan Conversation Designer.

References

Lapangan Kerja Baru akan Muncul di Era Industri 4.0. (2019). Retrieved 23 September 2019, from https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20181009193929-185-337089/lapangan-kerja-baru-akan-muncul-di-era-industri-40

Perubahan Dunia Kerja akibat Revolusi Industri 4.0. (2019). Retrieved 20 August 2019, from https://www.kompasiana.com/sayepulhendrawan9045/5ceaaa0f3ba7f77c6240f9c4/perubahan-dunia-kerja-akibat-revolusi-industri-4-0

(2019). Retrieved 23 September 2019, from https://kemenperin.go.id/artikel/18835/Penerapan-Industry-4.0-Buka-Peluang-Kerja-Baru

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close