People Innovation Excellence
 

Dampak Ekonomi dalam era Industri 4.0

Revolusi industri 4.0 merupakan revolusi industri keempat dan hadir setelah terjadi revolusi industri pertama dengan ditemukannya mesin uap. Revolusi industri kedua yang berkaitan dengan listrik, revolusi industri ketiga yang serba komputerisasi. Revolusi industri 4.0 ditandai dengan adanya perkembangan teknologi dan informasi yang sangat luar biasa. Dalam era ini mulai sering terdengar istilah artificial intelligent, robotika, internet of things, dll.

Revolusi Industri 4.0 mempunyai potensi untuk memberdayakan individu dan masyarakat, karena revolusi industri fase ini dapat menciptakan peluang baru bagi perekonomian di Indonesia, sosial, maupun pengembangan diri pribadi. Implementasi industri 4.0 dapat menjadi salah satu strategi untuk menciptakan Ekonomi Pancasila berbasis digital. Hal ini sesuai dengan arah Indonesia 4.0 dalam upaya meningkatkan kinerja industri nasional melalui pemanfaatan teknologi terkini dan inovasi guna dapat mewujudkan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat seluas-luasnya. Yang berkembang saat ini adalah sharing ekonomi yaitu ekonomi yang berbagi sehingga antar pelaku usaha tidak lagi bicara persaingan, namun kemitraan.

Revolusi industri 4.0 tidak akan menghantam perekonomian jika semua pihak aktif menjadi pemain di dalamnya. Jika tidak pasrah, maka dampaknya bisa lebih jelas kepada pertumbuhan ekonomi, penambahan lapangan kerja dan pertumbuhan manufaktur. Artinya, ada potensi pertumbuhan ekonomi bertambah sebesar 1%-2% dari baseline sebesar 5% menjadi 6%-7%. Hal ini disebabkan oleh kondisi ekonomi yang lebih efisien dengan pertumbuhan industri manufaktur yang dominan. Dengan demikian, dapat ditegaskan bahwa industri 4.0 tidak akan menimbulkan pengangguran karena adanya sistem otomasi jika pengembangannya dilakukan dengan benar.  Penciptaan lapangan pekerjaan akan selalu ada selama ada pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi. Dari pencipataan lapangan pekerjaan, akan yakin ada efek pengganda yang bergulir.

References

Kemenperin: Implementasi Industri 4.0 Sebagai Strategi Wujudkan Ekonomi Pancasila. (2019). Retrieved from http://www.kemenperin.go.id/artikel/19287/Implementasi-Industri-4.0-Sebagai-Strategi-Wujudkan-Ekonomi-Pancasila

Revolusi Industri 4.0 Diyakini Mampu Dorong Pertumbuhan Hingga 7% pada 2030 | Ekonomi – Bisnis.com. (2019). Retrieved from https://ekonomi.bisnis.com/read/20190313/9/899273/revolusi-industri-4.0-diyakini-mampu-dorong-pertumbuhan-hingga-7-pada-2030


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close