School of Information Systems

Monitor your Business Performance by Using TIBCO

Setiap perusahaan harus memvisualisasikan proses bisnis secara real time. Melakukan tracking pada proses bisnis adalah kunci untuk memantau kinerja bisnis yang ada secara keseluruhan. Kurangnya pengawasan dapat berarti perusahaan melewatkan kesempatan untuk perbaikan pada proses bisnis. Dengan menggunakan konfigurasi proses dan analitik streaming, pemantauan aktivitas bisnis tersebut dapat mengarah kepada visibilitas ke dalam eksekusi proses, melacak kinerja proses terhadap batas waktu yang sudah ditentukan hingga menghubungkan perusahaan dalam menghasilkan laporan dan rangkuman analisis.

Manfaat yang diperoleh dari penggunaan TIBCO untuk memantau aktivitas proses bisnis di perusahaan adalah :

  1. One uniform system

Suatu bisnis pasti memiliki serangkaian sistem yang beragam, masing – masing sistem tersebut menghasilkan output yang berbeda. Dengan proses pemantauan aktivitas bisnis yang konsisten, proses secara otomatis tidak perlu menggunakan sistem BPM, yang bermanfaat dalam sistem yang terdistribusi dimana tidak ada sistem kontrol secara keseluruhan.

  1. Assess process performance

Dengan sistem pelacakan yang bersifat real-time, kinerja dari suatu proses dapat dinilai untuk menentukan apakah SLA (service-level-agreement) sudah terpenuhi atau belum.

  1. Real-time insights

Proses bisnis di perusahaan tidak lagi bergantung pada laporan terdahulu untuk mengetahui status proses bisnis saat ini. Perusahaan dapat mengetahui mengenai status terkini suatu proses bisnis melalui dasbor yang terdiri dari analitik waktu real-time sehingga perusahaan dapat melihat bagian mana yang berhasil dan bagian mana yang perlu ditingkatkan.

  1. Increased predictive capability

Ketika perusahaan melakukan kombinasi dengan alat BI yang canggih, repositori keadaan proses bisnis di waktu tertentu yang bersamaan dengan log aktivitas yang berjalan dapat digunakan untuk memprediksi dan mennetukan peluang untuk peningkatan proses bisnis.

Capabilities dari penggunaan TIBCO dalam memantau aktivitas proses bisnis :

  1. Event manager

Dapat melakukan pemantauan dalam eksekusi poses dengan mengambil perisitiwa dari proses bisnis dan memantau perkembangannya. Dengan memantaunya, perusahaan dapat memperkirakan waktu penyelesaian, mempertegas aturan dan mendeteksi proses yang tidak berjalan dengan semestinya

  1. Real-time dashboards

Memvisualisasi dan mengakses proses bisnis secara real-time dengan ringkasan dasbor yang memperlihatkan proses bisnis secara sekilas. Dapat melihat status dari suatu proses bisnis secara kontekstual, termasuk apa, kapan, dan dimana. Perusahaan juga menerima pemberitahuan peringatan ketika ada sesuatu yang bermasalah

  1. Reporting

Data yang diproses dapat diakses didekat real-time tools. Dapat melakukan analisis data terkini dan data historis untuk KPI, dan juga menghasilkan serta mendistribusikan laporan yang memungkinkan perusahaan untuk membagikan data yang tersedia.

  1. Configuration

Mengkonfigurasikan proses dan aturan bisnis melalui user interface (UI) dan skrip. Template dan workflows, peringatan baru atau yang sudah ada dan penyimpanan data dari suatu bisnis untuk tampilan atau pelaporan waktu dekat dapat dikonfigurasikan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.

Refrences : https://www.tibco.com/solutions/business-activity-monitoring

Tri Nur Auliyaa