People Innovation Excellence
 

Pemanfaatan Financial Technologi dalam Industri 4.0

Saat ini kita berada di dalam revolusi industry yang ke-4 atau yang biasa kita kenal industry 4.0. Industri 4.0 adalah industri yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber. Ini merupakan tren otomatisasi dan pertukaran data dalam teknologi manufaktur. Ini termasuk sistem cyber-fisik, Internet of Things (IoT), komputasi awan dan komputasi kognitif. Perkembangan teknologi informasi juga sangat giat di kembangkan di berbagai sektor, salah satu bidang yang paling pesat adaptasinya dalam pemanfaatan teknologi adalah bidang keuangan. Produk akhir dari perkembangan ini lebih sering dikenal masyarakat dengan istilah Fintech.

Jenis fintech yang paling terlihat signifikan penggunaannya dalam perkembangan bisnis adalah jenis fintech payment. Layanan fintech untuk pembayaran sudah luas dikenal dan dipergunakan oleh masyarakat maupun para pelaku usaha. Hari ini, semakin banyak masyarakat yang bertransaksi menggunakan aplikasi-aplikasi dari fintech payment. Mulai untuk belanja online, membayar transportasi online, hingga membeli makan di pedagang kaki lima pun sudah bisa menggunakan layanan fintech payment. Tidak heran kalau kehadiran aplikasi fintech payment memang memudahkan masyarakat untuk bertransaksi tanpa menggunakan uang fisik.

Selain sebagai metode pembayaran, fintech juga bisa berfungsi sebagai sumber permodalan dan pendanaan bisnis. Jenis fintech yang menawarkan layanan seperti ini biasa disebut dengan fintech P2P Lending dan crowdfunding. Para pelaku bisnis bisa mengembangan bisnis mereka dengan sumber dana yang berasal dari fintech. Dan ya, semua proses transaksi dilakukan secara online. Manfaat ini pun bisa dirasakan oleh pengusaha UMKM yang tampaknya sedikit tertinggal di era revolusi industri 4.0. Sumber dana yang disediakan fintech mampu membuat UMKM berkembang dan bersaing dalam era teknologi industri ini.

Referensi

https://www.jamkrida-jakarta.co.id/2018/12/05/sinergi-fintech-dan-bank-kunci-hadapi-revolusi-industri-4-0/


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close