People Innovation Excellence
 

Kelemahan dan Kelebihan e-wallet

Masyarakat saat ini pasti sudah tidak asing dengan dompet digital atau biasa kita sebut dengan istilah e-wallet. E-wallet memiliki fungsi yang hampir sama seperti dompet fisik pada umumnya. E-wallet  pertama kalinya diakui sebagai sebuah metode untuk menyimpan uang dalam bentuk elektronik, namun kemudian menjadi populer karena cocok untuk menyediakan cara yang nyaman bagi pengguna internet untuk menyimpan dan menggunakan informasi berbelanja secara online. Selain itu, penyedia-penyedia jasa e-wallet seperti OVO, Gopay, Dana dan lain sebagainya seringkali menawarkan berbagai macam promo menarik seperti cashback, voucher discount dan sebagainya yang menjadikan e-wallet menjadi pilihan yang tepat untuk membayar transaksi. Hal tersebut merupakan salah satu dari kelebihan menggunakan e-wallet. Nah, untuk mengenal e-wallet lebih dekat mari kita lihat beberapa kelebihan serta kelemahan dari e-wallet.

Kelebihan dari e-wallet:

  1. Memberikan kemudahan

Salah satu kelebihan yang paling dirasakan dari e-wallet ialah menawarkan kemudahan dan fleksibilitas tinggi.  Untuk menggunakan dompet digital ini, kita cukup menginstal aplikasi e-wallet  tersebut pada smartphone. Dengan ini, kita tidak perlu lagi membawa dompet tebal penuh uang tunai, kartu debit/kredit, atau mengantre untuk melakukan tarik tunai di ATM. Selain itu, e-wallet juga lebih aman dan mudah dibawa saat berpergian.

  1. Memudahkan pencatatan keuangan karena terdapat riwayat transaksi

Kelebihan lainnya dari e-wallet ini ialah adanya riwayat transaksi yang mempermudah kita dalam pencatatan keuangan. Kita bisa dengan mudah menemukan riwayat transaksi yang hendak dicari dan tersimpan aman dalam bentuk digital. Informasi transaksi yang tercatat juga lebih detail dan diatur sedemikian rupa sehingga nampak rapi dan jelas.

  1. Menawarkan berbagai promosi menarik

Berbagai promosi yang disajikan oleh layanan pembayaran digital akan menguntungkan pengguna. Promosi seperti cashback atau diskon menjadi salah satu hal yang menarik pengguna untuk menggunakan layanan tersebut.

Berdasarkan riset JakPat terhadap 1.625 responden pada Oktober 2018 lalu, sebanyak 65% responden menggunakan pembayaran digital ketika ada program promosi. Sementara, responden lain akan memakai layanan pembayaran digital saat: tidak membawa uang ataupun kartu kredit/debit (60,2%), hampir setiap waktu (42,7%), dan merasa transaksi nontunai lebih baik daripada tunai (24,5%).

Penawaran pada program seperti Pay Day dari Go-Pay dapat dirasakan oleh para pengguna dompet digital. Adapula yang memberikan poin imbalan serta tambahan produk gratis, seperti T-Cash. Hal itu dapat membantu meningkatkan arus kas Anda secara marginal.

  1. Risiko Lebih Rendah

Jika dicuri, kita dapat memblokir e-wallet melalui akun yang terhubung di perangkat ponsel. Dengan begitu, uang dalam dompet digital tersebut kemungkinan tidak bisa digunakan lagi.

Manoj berujar, “Opsi keuangan digital menawarkan keamanan, apalagi jika di masa depan mulai digunakan ID biometrik (sidik jari, pemindaian mata, dan lain-lain), itu menjadi sangat sulit untuk disalin sehingga sangat aman.”

Layanan e-wallet di Indonesia pun disesuaikan dengan aturan dari regulator. Sejalan dengan regulasi BI, sistem aplikasi penyedia pembayaran digital, Dana terintegrasi dengan data milik Dukcapil untuk melakukan proses KYC. Melalui data terintegrasi itu, registrasi Dana dapat dilakukan menggunakan KTP dan KK.

            Kelemahan dari e-wallet:

  1. Layanannya Masih Terbatas

Meskipun menawarkan banyak kemudahan namun layanan e-wallet ini masih terbatas. E-Wallet ini hanya bisa digunakan untuk merchant yang sudah bekerja sama dengan penerbit e-wallet itu sendiri.

  1. Tidak Menawarkan Imbal Balik

Dompet digital tidak sama dengan rekening bank yang mana jika semakin banyak uang kita yang didepositkan maka tidak ada bunga sama sekali. Keunggulannya e-wallet tidak membebani biaya administrasi yang mampu mengurangi saldo dompet kita. Ini artinya uang kita di e-wallet tidak akan berkembang.

Sumber:

http://uangonline.com/keunggulan-dan-kekurangan-dompet-digital-milik-millenial/

https://www.wartaekonomi.co.id/read211053/6-manfaat-dompet-digital-bagi-keuangan-anda.html


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close