People Innovation Excellence
 

Mengenal Beauty 4.0 di Industri Kecantikan

Kemajuan teknologi di zaman digitalisasi di 2019 ternyata telah memberikan dampak cukup besar pada berbagai industri yang ada, salah satu diantaranya adalah tren di industri kecantikan. Munculnya platform media sosial untuk berbagi foto seperti Instagram, telah mendorong banyak orang untuk bisa tampil cantik. Akibatnya, kebutuhan orang akan tampilan yang cantik dan menarik pun semakin tinggi. Era digital telah memberi dampak yang besar pada industri estetika secara global di industri estetika, fenomena tren timbul karena pengaruh dari perkembangan teknologi dan sosial media. Revolusi industri berkembang dan mengalami perubahan dari industri 1.0 menuju 4.0, demikian pula beauty industry mengalami revolusi.

Ini adalah sebuah fenomena sosial, yang mana orang sudah mulai tidak peduli lagi dengan standar kecantikan yang ada. Entah itu laki-laki atau perempuan, semuanya hanya ingin memiliki tampilan yang menarik. Perkembangan dan perubahan seperti inilah yang membuat industri kecantikan kini harus bersiap menghadapi tren kecantikan atau yang lebih akrab disebut Beauty 4.0.

Pada Beauty 1.0, konsep perawatan fokus hanya pada 1 dimensi, yaitu dokter menggunakan apa yang disebut dengan golden ratio. Pada masa ini dari sudut pandang dokterlah yang menentukan perawatan yang terbaik bagi pelanggan. Pada Beauty 2.0, masyarakat menginginkan tampilan wajah dengan perfect look namun tetap memiliki keaslian, versi terbaik dari dirinya, tidak menjadi diri orang lain. Sedangkan era Beauty 3.0, tuntutan masyarakat kian berkembang. Mereka tidak hanya sekadar ingin menyempurnakan tampilan wajahnya tetapi perawatan kecantikan yang dilakukan dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka.

Saat ini industri kecantikan telah memasuki era Beauty 4.0. Era digital sangat mempengaruhi perubahan di Industri kecantikan. Media sosial bukan hanya menciptakan social network, akan tetapi juga akhirnya menyebabkan munculnya Sosial Beauty. Media sosial merupakan sarana untuk eksistensi dan aktualisasi diri bagi masyarakat. Namun, sambungnya, media sosial juga merupakan sarana kebebasan berekspresi bagi masyarakat, menyuarakan opini, aspirasi, pendapatan, komentar dan kritik.

Eksistensi diri seseorang di media sosial dapat menimbulkan dampak yang positif, atau menuai banyak kritik dan menimbulkan haters. Hal ini tentunya menimbulkan dampak pada sosial dan psikologi seseorang. Demikian juga di Sosial Beauty, penampilan seseorang dapat menjadi pujian, sindiran, atau bahkan menjadi hujatan. Pada akhirnya hal inilah yang membuat terbentuknya tuntutan baru di dunia estetika.

Di industri estetika, tempat-tempat seperti salon dan tempat perawatan sejenis lainnya akan semakin sering dikunjungi. Adanya dampak dari tren Beauty 4.0 tersebut, industri-industri ini harus mulai bersiap-siap menghadapi tantangan yang mungkin muncul nantinya. Berikut ini 4 langkah efektif yang perlu diambil oleh para pemilik UMKM di industri kecantikan agar bisa bertahan di era Beauty 4.0 ini.

  1. Terapkan strategi omnichannel

Semakin banyak orang yang mencari informasi dan referensi melalui internet. Oleh karena itu, manfaatkanlah internet dengan sebaik mungkin. angan hanya bergantung pada satu platform media sosial seperti Instagram saja, namun buat juga akun pada platform media sosial lainnya seperti YouTube, Facebook dan Twitter. Akan lebih baik lagi jika Anda bisa memiliki blog atau website Anda sendiri.

  1. Tonjolkan visual, pangkas teks panjang

Karena saat ini, orang akan lebih fokus dengan visual atau gambar dibandingkan teks panjang. Langkah sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan membuat teks atau deskripsi dari produk/brand Anda, dan sertakan juga gambar didalamnya. Perlu diingat, teks yang Anda buat jangan terlalu panjang, cukup memakan waktu 15 hingga 30 detik saja untuk membacanya.

  1. Selalu updateterkait tren kecantikan terbaru dan yang sudah ada

Selalu mengupdate hal-hal yang terkait dengan tren kecantikan terbaru dan yang sudah ada, merupakan langkah efektif lainnya yang bisa Anda lakukan untuk menyiapkan bisnis Anda menghadapi era Beauty 4.0. Dengan mengetahui hal apa saja yang baru dan sedang tren saat ini, akan dapat membantu Anda dalam menentukan strategi bisnis dan meningkatkan penjualan.

  1. Buat inovasi untuk model make-upterbaru

Karena tren itu lahir dari hal apa yang unik dan jarang ditemukan, Anda perlu membuat inovasi baru di dunia kecantikan yang belum pernah ada sebelumnya. Sebagai contoh, Anda bisa membuat inovasi baru dengan membuat model make-up yang serba berwarna ungu, atau model make-up dengan bulu mata yang berwarna.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close