School of Information Systems

OutSystems Sentry

Pada pertengahan 2016, keamanan informasi dan cybersecurity menjadi salah satu perhatian utama perusahaan yang akan mengadopsi layanan cloud. Hal ini menjadi penting karena perusahaan melihat layanan cloud sebagai cara untuk menghilangkan kendala pengembangan perangkat lunak tradisional, dan membuat keamanan jauh lebih baik daripada yang dimiliki untuk pengembangan aplikasi. Ketika data menjadi bisnis maka keamanan menjadi hal yang krusial. Sebuah bisnis tidak harus mengorbankan kecepatan pengiriman dan kelincahan untuk mendapatkan keamanan yang diharapkan.

OutSystems Sentry adalah penawaran cloud premium yang berbagi semua fitur dan manfaat platform OutSystems, tetapi memiliki tambahan pada sisi keamanan, manajemen resiko, dan pemantauan yang terdapat pada SOC2 Tipe II, ISO 27001, dan ISO 22301 yang dibutuhkan oleh perusahaan dengan kebutuhan tinggi terhadap kepatuhan. Namun, membangun pertahanan keamanan bukanlah tugas yang mudah, karena Sentry tidak terbatas produk saja melainkan merupakan sebuah layanan.

Berikut adalah indikasi bahwa perusahaan Anda mungkin membutuhkan OutSystems Sentry:

  • Perusahaan dan aplikasi Anda berhubungan dengan data yang sensitif atau personally identifiable information (PII)
  • Organisasi IT Anda menganut cloud-fist mandate
  • Aplikasi Anda dapat digunakan diluar network Anda
  • Anda mengganti sistem yang berdampak signifikan pada core bisnis Anda
  • Anda membuat sebuah aplikasi yang touchpoints customers Anda
  • Anda memiliki time Informasi dan Sekuritas yang memantau Anda

Ada 3 area utama yang menjadi perhatian OutSystems Sentry yaitu:

  1. Comprehensive Security
    OutSystems memiliki security built-in untuk melindungib seluruh lifecycle aplikasi. OutSystems Sentry menetapkan standar yang lebih tinggi untuk  low-code dengan fitur keamanan tambahan yang dirancang khusus untuk perusahaan dan organisasi yang bekerja dengan data sensitif, core,  dan data kosumen.
  1. Proactive Monitoring and Support
    Akan ada banyak rekam memori mengenai rekam data, interfaces, dan sistem yang membutuhkan perawatan. Kebutuhan tersebut harus digandakan karena adanya ancamaman cybersecurity yang terus berkembang. Sentry memiliki computer security incident response team (CSRIT) untuk menanggulani potensi pencurian data Anda.
  1. Risk Management
    Pendekatan yang digunakan OutSystems Sentry adaah pendekatan yang transparan untuk keamanan, dukungan,  dan manajemen resiko aplikasi penting serta data sensitif yang ada dalam sistem Anda. Sentry menjamin identifkasi dan penanganan insiden akan diselesaikan secepat mungkin.

Sumber: https://www.outsystems.com/sentry/

Inggried Kurniawan