People Innovation Excellence
 

X-CAMP

Internet of Things (IoT) telah menjadi bagian hidup di era digital. Dan IoT  merupakan salah satu solusi digital dengan potensi besar di masa depan. Tidak hanya memudahkan aktivitas individu dan insutri, secara bisnis, IoT memiliki potensi yang besar dan memungkinkan untuk dikembangkan lebih luas di Indonesia.

Melihat Potensi ini, Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. menuturkan bahwa Perusahaan XL Axiata telah membangun suatu laboratorium (lab) yang akan menjadi tempat bertemunya semua pemangku kepentingan (stakeholders) untuk bersama-sama mengembangkan ekosistem IoT di Indonesia mulai dari idea generation hingga implementasi bisnis.menuturkan sejumlah kelebihan lab yang tergabung dengan GSMA Mobile IoT Open Lab Alliance di Asia Tenggara ini. Lab IoT yang diberi nama X-Camp ini diresmikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara dan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto bersama dengan Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini di Graha XL Axiata Jakarta.

Ada tiga keuntungan yang bisa dirasakan pertama pengembangan skill lalu ada juga pertukaran informasi dengan operator lain dan menyediakan akses pasar sehingga apa yang dikeluarkan bisa dipakai sesama operator yang tergabung dengan aliansi GSMA,” ujar Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Dia juga mengatakan XL dalam hal ini sudah berperan aktif dan berkomitmen dalam mengembangkan industri IoT di Indonesia dengan pengembangan laboratorium IoT X-Camp yakni jaringan atau konektivitas (NB-IoT), platform pengembangan (Flexiot), dan produk atau solusi IoT sesuai kebutuhan berupa aplikasi (Fleettech dan XL Hajj).

Dian mengklaim dengan konsep IoT Open Lab dan fasilitas yang dimiliki saat ini, X-Camp merupakan IoT Innovation Lab terlengkap yang dimiliki oleh operator telekomunikasi di Indonesia. X-Camp juga menjadi satu-satunya Lab IoT yang tergabung di GSMA Lab Alliance di Kawasan Asia Tenggara. X-Camp akan turut aktif mengembangkan potensi sumber daya lokal, termasuk dari kalangan perguruan tinggi.

Bahkan, saat ini X-Camp telah menjalin kerjasama dengan sejumlah kampus terkemuka di Indonesia, termasuk diantaranya Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Universitas Brawijaya Malang, Politeknik Negeri Semarang, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dan menyusul beberapa universitas lainnya sebagai bagian program X-Camp Lab Alliance untuk bersama-sama membangun ekosistem IoT secara berkesinambungan.

REFERENCES :

https://swa.co.id/swa/trends/lab-iot-ini-tergabung-di-gsma-lab-alliance-asia-tenggara

https://teknologi.inilah.com/read/detail/2491757/perdana-di-asia-tenggara-ini-fungsi-lab-iot-xl


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close