People Innovation Excellence
 

Tips and Tricks Investasi versi Warren Buffett

Tips and Tricks Investasi versi Warren Buffett

Oleh: Riyanti Teresa Tedja

Dengan adanya fintech memudahkan masyarakat dunia dalam hal keuangan, salah satunya bagi masyarakat yang ingin menginvestasikan uangnya untuk jangka panjang dapat melalui berbagai platform investasi online dengan mudah tanpa harus datang ke tempat perusahaan penyedia produk investasi, seperti Bareksa.com, KlikMami.com, Indopremier.com, dll.

Sebelum memustuskan untuk berinvestasi, ada baiknya kita mengetahui tips and tricks dari Warren Buffett. Warren Buffett adalah seorang investor yang sangat handal dan memiliki kemampuan berinvestasi di banyak perusahaan sehingga Warren dapat menjadi salah satu orang terkaya didunia. Dalam berinvetasi, Warren Buffett termasuk investor yang membeli saham dengan alasan tertentu dimana jika tidak ada alasan untuk menahan saham maka ia akan menjual saham tersebut. Warren Buffett juga sangat teliti dan memiliki pertimbangan sangat baik dalam menentukan jenis investasi yang akan dilakukannya.

Berikut adalah tips and tricks dari Warren Buffett, yaitu:

  1. Buatlah daftar kriteria saat akan membeli saham

Adanya banyak dalam menentukan kriteria dalam mendapatkan saham terbaik sesuai dengan keiginan. Jadi, tidak hanya harga saham sebagai kriteria tunggal saat akan membeli saham tapi juga melihat keriteria lain, seperti:  Price to Earning Ratio, Price to Book Ratio, dll.

  1. Berinvestasi pada perusahan atau industry yang dikenal

Saat kita berinvestasi pada perusahaan yang kita kenal, maka akan memudahkan kita untuk memahami dan mengikuti tren yang sedang terjadi dalam industry tersebut.

Namun bila ingin berinvestasi pada perusahaan yang tidak dikenal,maka perlu kita untuk mempelajari dengan baik perusahaan tersebut dan teliti berbagai hal dengan  baik.

  1. Jangan berinventasi saat tidak yakin

Jika belum ada perusahaan yang sesuai dangan kriteria yang sesuai dan tidak yakin, maka jangan terburu – buru mengambil keputusan untuk berinvestasi.

  1. Membeli saham disaat yang tepat

Warren Buffett berpesan untuk membeli saham ketika banyak orang menjual saham mereka dan menjual saham ketika banyak orang membeli.

  1. Menjual saham disaat yang tepat

Arti dari menjual saham di saat yang tepat adalah melepaskan saham dengan alasan yang benar – benar bisa diterima. Untuk dapat menjual saham di saat yang tepat, maka perlunya mengikuti berita dan informasi berkaitan dengan saham pada perusahaan tersebut. Sehingga apabila sebuah perusahaan yang diinventasikan tidak sesuai dengan kriteria yang kita tetapkan, maka saatnya menjual dan melepaskan kepemilikan.

  1. Pentingnya valuasi

Saat kita memebeli suatu barang, kita perlu untuk memperhintungkan berapa nilai yang kita dapatkan dengan uang yang telah kita keluarkan

 Prinsip Warren Buffett yang menjadi value investor: “Price is what you pay, value is what you get”.

  1. Bersabar

Warren Buffett berpesan agar tidak berpengaruh untuk menjual saham yang sudah memberikan keuntungan capital gain yang lumayan karena saham – saham bagus harus disimpan untuk selama – lamanya. Jadi, apabila tidak membutuhkan uang dalam kondisi mendesak maka jangan pernah menjual saham – saham bagus yang kita beli.

Sumber:

https://centrausaha.com/aplikasi-platform-investasi-online-terpercaya-terbaik/

https://koinworks.com/blog/investasi-saham-ala-warren-buffett/

https://ladypinem.com/investasi/strategi-investasi-warren-buffett-1/

https://www.indopremier.com/ipotnews/newsDetail.php?jdl=6_Hal_Dasar_yang_Perlu_Diketahui_Sebelum_Membeli_Saham&news_id=63078&group_news=IPOTNEWS&news_date=&taging_subtype=FINANCIALPLANNINGEDUCATION&name=&search=&q=&halaman=


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close