People Innovation Excellence
 

How to Install outsystems

How to Install outsystems

-Sandi-

Berikut ini adalah hal-hal yang harus diketahui untuk kita dapat menggunakan dan tahu bagaimana cara menginstal outsystems pada Komputer atau laptop yang kita gunakan :

Licensing

Jika kamu menggunakan PaaS (Platform as a Service) Outsystems, kita tidak perlu khawatir dalam menginstal atau harus bingung untuk meminta lisensi aplikasi Outsystems. Setelah kita sudah mendapatkan aplikasi PaaS Ousystems, kita dapat dengan langsung menggunakan aplikasi tersebut tanpa harus meminta lisensi. Jika kamu menggunakan outsystem secara on-premises, kamu harus mendapatkan dan memiliki kode aktivasi yang valid atau memiliki lisensi, jika tidak, kamu tidak akan dapat menggunakan aplikasi Outsystems.

Installation alternatives

Cloud

Jika kamu ingin menggunakan Outsystems dengan menggunakan cloud dari Outsystems, kamu tidak perlu mengatur platform dari awal. Server yang kamu gunakan akan secara otomatis diatur oleh pihak Outsystems dan kamu akan mendapat atau menerima email dengan detail akses seperti alamat dan nama.

Hal yang harus diperhatikan adalah ketika kita mengelola dalam satu environment atau infrastruktur pada cloud Outsystems, kita harus memperhatikan beberapa hal :

  • Penyedia cloud Outsystems (Amazon) tidak mendukung penyesuaian zona waktu pada SQL Server, sehingga kita harus melakukan konversi dari UTC ke zona waktu yang diinginkan.
  • Custom database object seperti prosedur-prosedur yang tersimpan, tidak didukung. Kita dapat mengimplementasi logic yang sama dengan menggunakan “Advanced Queries” yang merupakan standard SQL atau melalui extensions (dengan menerapkan kode c#).
  • Fitur untuk multiple katalog database dan schema tidak tersedia. Semua aplikasi menyimpan data mereka dalam catalog/schema pada database yang sama.
  • Fitur zones tidak tersedia. Semua aplikasi berjalan pada satu environment yang tersedia pada semua server front-end dari environment
  • Menggunakan mekanisme built-in SMS juga tidak tersedia. Kita dapat mengirim SMS dengan menggunakan ektensions yang tersedia pada Outsystems Forge.

Hybrid

Jika kamu memilih untuk menggunakan beberapa environment yang akan di host pada cloud Outsystem dan sisanya menggunakan data center kamu, kamu harus mengatur on-premises environment dan menambahkannya ke infrastructure management console (LifeTime) yang disediakan oleh OutSystem sebagai bagian dari instalasi cloud.

 

On-Premises

Infrastruktur Outsystems on-premises yang terletak di data center perusahaan dan dikelola oleh perusahaan sendiri.

Installation Prerequisites

Sebelum kita menggunakan atau melakukan installing Outsystem, kita harus memastikan bahwa hal-hal di bawah ini sudah terpenuhi :

  • System requirements : software dan hardware yang mendukung untuk menginstal Outsystems.
  • Network Requirements : network requirement untuk sebuah environment ketika Outsystems sudah ter-install.
  • Default Platform Server and Database Configurations : untuk meng-install dan menjalankan Outsystems, kita memerlukan izin untuk mengubah file dalam sistem file, menjalankan Outsystems, dan melakukan perubahan pada database.

Installation steps :

  • Download platform server installation binaries.
  • Install platform server pada setiap environment yang akan di host pada aplikasi (development, quality dan production).
  • Download infrastructure management console (LifeTime) binaries.
  • Install infrastructure management console pada environment
  • Konfigurasikan infrastructure management console.
  • Install dan konfigurasikan development tool.

Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close